Gairahkan Kembali Pariwisata, Canangkan Ayo Dolen Nang Lamongan

Tepat  hari ini Hari Pariwisata Internasional. Lamongan canangkan ayo dolen nang lamongan

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/hanif manshuri
wisata Telaga Desa atau Sugo Dayo (Soda) di Desa Tunggunggprigel Kecamatan Glagah 

 

Suryatravel - Peringatan Hari Pariwisata Internasional, Pemerintah Kabupaten Lamongan Jawa Timur mencanangkan gerakan "Ayo Dolen Nang Lamongan".

Gerakan ini salah satu upaya untuk pemulihan ekonomi masyarakat, setelah berhasil mengendalikan kasus penyebaran Covid-19.

Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi mengatakan, sektor pariwisata memegang peranan yang begitu besar untuk dapat mendongkrak pemulihan ekonomi yang lesu akibat Covid-19.

Selain memberikan kontribusi terhadap Penghasilan Asli Daerah (PAD), sektor pariwisata juga turut menggerakkan roda perekonomian masyarakat, terutama yang tinggal di sekitar lokasi wisata.

Tepat  hari ini Hari Pariwisata Internasional. Pembangunan wisata di Lamongan cukup bagus, kontribusi untuk PAD cukup dominan, tapi itu sebelum pandemi. 

"Nah saat ini kita akan memulai lagi, menggairahkan lagi kehidupan pariwisata. Kita gairahkan lagi pariwisata milik desa, pemerintah maupun swasta untuk manarik wisatawan ke Lamongan," kata Yuhronur, di Cafe Marina Wisata Bahari Lamongan (WBL), Senin (27/9/2021).

Yuhronur  menambahkan, ke depan pihaknya juga akan mendorong pembangunan pariwisata melalui Program Rama Sinta atau pariwisata ramah dan terintegrasi.

Artinya,  bisa menghadirkan apapun jadi sektor wisata. Misalnya pertanian bisa jadi agrowisata, kemudian heritage tourism. Bahkan olahraga bisa dikolaborasikan dengan pariwisata dalam bentuk sport tourism. Termasuk terintegrasi dengan kuliner.

Namun Yuhronur  menekankan, pembangunan pariwisata di Lamongan tidak boleh melupakan norma-norma yang ada. Misalnya norma budaya, norma lingkungan dan sebagainya.

"Pembangunan pariwisata harus berbasis norma budaya, artinya kalau kita bangun pariwisata, tidak boleh bertentangan dengan budaya lokal, " katanya.

Berbasis norma lingkungan, tidak boleh mengganggu lingkungan, berbasis norma masyarakat, pembangunan pariwisata  memberi manfaat yang lebih besar adalah untuk masyarakat.

Pihaknya berharap, berbagai upaya tersebut dapat membangkitkan kembali gairah pariwisata Lamongan,  sekaligus memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Bersamaan Hari Pariwisata Internasional, sekaligus untuk menarik wisatawan,  Yuhronur mencanangkan gerakan Ayo Dolen Nang Lamongan. " Semoga gerakan ini bisa menggairahkan kembali geliat pariwisata di Lamongan," pungkasnya. (Hanif Manshuri)

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved