Siapkan Destinasi Wisata ASN Dan Warga Trenggalek Bersih Bersih Sampah Pantai

Pembersihan pantai ini juga sebagai upaya persiapan Kabupaten Trenggalek untuk kembali membuka pintu pariwisata

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/ aflahudin
Aksi beach cleanup atau bersih-bersih pantai di kawasan pantai di Teluk Prigi, Kabupaten Trenggalek, Senin (27/9/2021). - 

Suryatravel – TP PKK Kabupaten Trenggalek, Dinas Perikanan Kabupaten Trenggalek, dan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur menggelar aksi beach cleaup atau bersih-bersih pantai, Senin (27/9/2021).

Sasaran lokasi pembersihan berada di sepanjang bibir pantai Teluk Prigi yang merupakan kawasan pantai pariwisata di Kabupaten Trenggalek.

Pembersihan pantai ini juga sebagai upaya persiapan Kabupaten Trenggalek untuk kembali membuka pintu pariwisata setelah kasus Covid-19 dianggap melandai.

Ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek Novita Hardini menjelaskan, gerakan beach cleanup direncakana berlangsung 2 hari. 

Pada hari pertama, fokus pembersihan berada di area Pantai Cengkrong dan sekitarnya. Para peserta yang berjumlah puluhan orang menyusuri bibir pantai hingga radius ratusan meter.

Mereka membawa alat-alat seperti sapu lidi dan bak penampung sampah keliling sekitar wilayah pantai. Sampah-sampah yang didapat kemudian dikumpulkan dan dibawa ke tempat pembuangan akhir.

Dari aksi tersebut, mereka mengumpulkan puluhan kantong plastik ukuran besar berisi berisi berbagai macam sampah.

Tak hanya TP PKK dan dinas saja, aksi bersih-bersih itu juga dibantu oleh aparat polisi, TNI, dan warga sekitar pantai.

“Harapan kami, tentu saja untuk menjaga kebersihan dan keindahan pantai agar tetap terjaga,” ujar Novita, sela aksi besih-bersih itu.

Novita mengatakan, tak hanya membersihkan kawasan bibir pantai dari sampah plastik, dinas dari kabupaten dan provinsi juga akan membina dan melatih warga sekitar terkait pengelolaan sampah.

Apalagi, kata dia, wilayah pantai di Kabupaten Trenggalek menjadi salah satu daya tarik wisata unggulan di Kabupaten Trenggalek.

Bersihnya kawasan pantai dari sampah diyakini bakal memberi dampak positif. Kawasan pantai yang indah dan bersih akan menarik pengunjung untuk datang. Jika demikian, ekonomi warga juga bisa bertumbuh.

“Jadi kami mencoba membiasakan kebersihan pantai sebagai syarat utama apabila ingin ekonomi bertumbuh. Apalagi di masa-masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, kami harus bekerja lebih ekstra untuk bisa mengejar ketertinggalan akibat Covid-19,” sambung dia.

Ia juga berterima kasih kepada pemerintah provinsi karena menjadikan Trenggalek sebagai salah satu prioritas pemberdayaan kawasan pantai di Jawa Timur.

“Tentunya kami berterima kasih kepada pemerintah provinsi ata support ini. Kita tahu, Trenggalek memiliki garis pantai sepanjang kurang lebih 100 kilometer (km), yang banyak di antaranya menyimpan panorama yang cantik dan sangat layak untuk dikunjungi,” pungkasnya. (fla)

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved