Hari Kereta Api Nasional, Ada Stasiun Jadi Destinasi Wisata

sejumlah Stasiun KA ini ada yang menjadi destinasi wisata. Seperti Stasiun Ambarawa yang kini menjadi Museum Kereta Api Ambarawa.

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/ istimewa
Depo lokomotif di Museum Kereta Api Ambarawa 

Suryatravel - Hari Kereta Api Nasional yang jatuh pada Selasa (28/9/2021) menandakan sudah 76 tahun Kereta Api Indonesia (KAI) melayani pelanggan di Nusantara.

Seiring perjalanan waktu sejumlah Stasiun KA ini ada yang menjadi destinasi wisata. Seperti Stasiun Ambarawa yang kini menjadi Museum Kereta Api Ambarawa.

Museum Kereta Api Ambarawa berlokasi di Kelurahan Panjang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Tempat wisata ini dulunya merupakan sebuah stasiun bernama Stasiun Willem I, dan dibangun oleh Nedherlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM). Diresmikannya pada 21 Mei 1873.

Melansir situs resmi KAI, stasiun yang juga dikenal sebagai Stasiun Ambarawa merupakan tempat pemberhentian terakhir jalur KA Kedungjati-Ambarawa. Pada 1976, stasiun ini dinonaktifkan untuk dijadikan sebagai Museum Kereta Api oleh Gubernur Jawa Tengah pada saat itu, Supardjo Rustam.

Adapun, alih fungsi stasiun menjadi museum merupakan upaya untuk menyelamatkan lokomotif uap. Stasiun Ambarawa juga dipilih karena memiliki latar belakang sejarah yang berkaitan dengan Pertempuran Ambarawa.

Di stasiun ini wisatawan bisa melihat beragam koleksi perkeretaapian dari masa Hindia Belanda. Ada juga kegiatan wisata seperti perjalanan dengan KA Wisata relasi Ambarawa-Tuntang dan Ambarawa-Bedono. Keduanya merupakan perjalanan pergi-pulang (PP).

Mengutip Kompas.com, Senin (19/12/2016), rute Ambarawa-Tuntang menawarkan pemandangan gunung dengan kereta uap melintasi Rawa Pening.

Sementara untuk rute Ambarawa-Bedono, wisatawan akan dibawa melintasi perbukitan sembari disuguhi pemandangan Gunung Ungaran dan Gunung Merbabu.

Harga tiket masuk Museum KA Ambarawa adalah Rp 10.000 per orang untuk pengunjung berusia di atas 12 tahun.

Mengutip informasi dalam akun Instagram @kawisata, harga tiket naik kereta uap relasi Ambarawa-Tuntang terbaru per November 2020 adalah Rp 60.000 per orang. Sementara untuk relasi Ambarawa-Bedono, kereta hanya bisa ditumpangi secara rombongan.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved