Air Terjun Tumpak Sewu Jadi Andalan Lumajang Tarik Investor

Keindahan destinasi wisata alam air terjun tumpak sewu memang menakjubkan. Aliran air terjun melebar dengan tebing air yang tinggi

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/ istimewa
Air Terjun Tumpak Sewu di Kabupaten Lumajang 

Suryatravel – Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang menjadi andalan pemerintah setempat untuk menarik investor.

Keindahan destinasi wisata alam ini memang menakjubkan. Aliran air terjun melebar dengan tebing air terjun yang mencapai ketinggian sekitar 100 meter lebih, menghasilkan percikan embun. Tak heran, air terjun ini mendapat julukan Niagaranya Indonesia.

Dan  tentu saja menjadi daya tarik wisatawan. Air terjun ini sering menjadi tempat jujukan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Potensi alam ini menjadikan Pemkab Lumajang berencana akan mengembangkan pembangunan spot-spot wisata baru. Hotel, restoran, arena golf, cottages, glamping round, bar and lounge bakal dibangun di sekitaran air terjun Tumpak Sewu. Hal itu dilakukan untuk menunjang sektor pariwisata yang ada di sana.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq telah menyiapkan konsep pembangunan beberapa tempat outdoor di sana.

Bertajuk Tumpak Sewu Leisure Park, Hotel and Ecoresort,  diharapkan bangunan tersebut bisa menciptakan multiplier effect di lingkungan sekitar. Lapangan kerja tercipta sehingga ekonomi masyarakat dapat meningkat.

"Ketika di sana ada fasilitas umum seperti hotel banyak tenaga lokal terserap. Spot-spot wisata baru bermunculan. Ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat," katanya.

Dalam pengembangan wisata ini pemkab berencana menggandeng perusahaan-perusahaan swasta. Pihaknya bakal membuka pintu seluas-luasnya kepada para investor yang  tertarik membantu pemda dalam mengembangkan potensi wisata.

Pemkab baru-baru ini telah selesai menyusun peta peluang investasi. Dengan begitu, para investor diharapkan akan lebih memilih tempat yang potensial bagi untuk menanamkan modal di Kabupaten Lumajang.

"Dengan peta peluang potensi investasi ini dapat memberikan gambaran data peta potensi dan peluang investasi serta peluang usaha daerah yang akurat di Kabupaten Lumajang," pungkasnya. Toni hermawan

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved