KBS Buka Kembali Diawasi Satgas Mandiri Berkeliling Pantau Pengunjung 

KBS juga akan menerjunkan satgas mandiri dan berjaga di sejumlah titik. Mereka akan berkeliling di KBS

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
surabaya.tribunnews.com/yusron naufal putra
KBS buka kembali dengan pengawasan Satgas Mandiri 

Suryatravel – Kabar yang ditunggu masyarakat Surabaya dan sekitarnya, Pemkot Surabaya akhirnya memperbolehkan salah satu destinasi wisata dan ikon wisata di Kota Pahlawan, Kebun Binatang Surabaya (KBS) kembali buka mulai Minggu (3/10/2021).

Pembukaan kembali KBS ini setelah adanya Surat Edaran (SE) dari pemerintah pusat dan asesmen dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Isinya, KBS menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang boleh dibuka kembali.

Untuk bisa buka kembali KBS wajib memenuhi sejumlah syarat,  yakni sejumlah regulasi protokol kesehatan yang diberlakukan. Misalnya, pembatasan jumlah pengunjung yang hanya 25 persen dari total kapasistas, penerapan 3 M, hingga membeli tiket secara online.

KBS juga akan menerjunkan satgas mandiri dan berjaga di sejumlah titik. Mereka akan berkeliling di KBS untuk memastikan prokes tetap dijalankan.

”Satgas tidak boleh berhenti keliling untuk terus untuk mengingatkan para pengunjung. Kami berharap tidak ada klaster KBS,” kata Walikota Surabaya Eri Cahyadi diselan meninjau KBS, Sabtu (02/10/2021).

Selain itu, mereka yang masuk ke dalam area KBS adalah pengunjung yang telah menerima vaksin. Memastikan hal ini, petugas juga akan menerapkan aplikasi PeduliLindungi di gerbang KBS.

”Tidak ada kesempatan untuk sentuhan (jaga jarak). Semuanya pakai aplikasi dan juga dengan menggunakan (aplikasi) PeduliLindungi,” katanya.

Bagi yang belum divaksin, Pemkot akan menyiapkan stok vaksin di KBS. Ini diperuntukkkan bagi calon pengunjung KBS.

”Nah, bagi yang belum vaksin, nanti pemkot juga akan menyiapkan vaksin di KBS sekitar 1000 dosis. Bagi yang ber-KTP Surabaya maupun luar kota, boleh vaksin di situ,” ujarnya.

Cak Eri mengajak semua pihak untuk menjawab kepercayaan pemerintah dengan berusaha menjalankan protokol. ”Kita diberikan amanah maka harus menjalankan amanah ini sebaik-baiknya. Semoga tempat-tempat wisata yang lainnya juga bisa kita buka, seperti taman-taman dan lainnya,” ujarnya.

Ia optimistis, pembukaan KBS ini tentu akan membantu memulihkan perekonomian. Di antaranya, dengan dampak yang dirasakan langsung oleh pelaku UMKM di tempat tersebut. Bukan hanya KBS, namun juga pelaku UMKM di tempat-tempat wisata lainnya apabila telah diperbolehkan dibuka.

Di sisi lain,  KBS telah menyiapkan 85 orang sebagai satgas mandiri. Mereka akan berkeliling mengingatkan protokol kesehatan para pengunjung.

”Kami sebar di beberapa zona,” kata Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS) Chairul Anwar.

Rencananya, KBS akan dibuka pada pukul 08.00-16.00 WIB dengan kapasitas 25 persen atau sekitar 2.000 pengunjung. Peserta bersepeda (gowes) dibuka mulai pukul 06.00-10.00 WIB.

Chairul juga menjelaskan bahwa semua satwa di KBS sudah dicek kesehatannya secara periodik. Bahkan, hampir setiap hari dokter hewan KBS melakukan evaluasi di masing-masing zona satwa, sehingga dia memastikan bahwa satwa KBS dalam kondisi sehat.

”Tapi, dalam pembukaan kali ini, ada beberapa area yang belum bisa kami buka. Misalnya, aquarium (area ikan),” pungkasnya.

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved