Wisata dan Taman Bermain di Pamekasan Diperbolehkan Buka Kembali

Pamekasan PPKM level 1 meski diizinkan dibuka, kapasitas pengunjung dibatasi maksimal 25 persen

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/ kuswanto ferdian
Pengunjung wisata Puncak Ratu Pamekasan, Madura, Sabtu (2/10/2021). 

Suryatravel - Tempat wisata di Kabupaten Pamekasan, Madura sudah diperbolehkan kembali buka. Ini setelah Pamekasan berstatus PPKM level 1.

Namun ada beberapa prosedur yang wajib dilakukan oleh pengelola wisata sebelum kembali membuka tempat wisata di tengah pandemi Covid-19.

Kabid Pariwisata Disporapar Pamekasan, Poni Indrayani menjelaskan, sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri, wilayah yang masuk PPKM level 2 diizinkan membuka tempat wisata. 

Sedangkan, Kabupaten Pamekasan  saat ini masuk dalam PPKM level 1. Kata dia, meski diizinkan dibuka, kapasitas pengunjung dibatasi maksimal 25 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

"Kami mengimbau kepada pengelola dan pengunjung tempat wisata untuk tetap menggunakan masker dengan benar dan konsisten," kata Poni Indrayani, Sabtu (2/10/2021).

Poni juga mengingatkan, sebelum pengunjung memasuki tempat wisata wajib mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun atau hand sanitizer secara berulang.

Terutama setelah menyentuh benda yang disentuh orang lain serta tetap menjaga jarak antar pengunjung lainnya.

Menurut dia, saat ini tidak hanya tempat wisata saja yang diizinkan buka kembali. Tetapi taman umum dan area publik lainnya juga diperbolehkan buka kembali.

Namun harus tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. 

Sementara itu, salah satu pengunjung Wisata Puncak Ratu Pamekasan mengaku senang karena tempat wisata sudah dibuka kembali oleh Pemkab setempat.

Ia berharap pandemi Covid-19 di Pamekasan tidak kembali meningkat. "Alhamdulillah senang karena sudah dibuka kembali. Bisa refreshing, karena terlalu lama diam di rumah," katanya.

Pengunjung lainnya Ahmad Sofian mengungkapkan, dibukanya kembali sejumlah tempat wisata di Pamekasan ini dapat mengurangi rasa bosan akibat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah selama pandemi Covid-19. "Senang dong, tapi banyak tempat wisata yang kurang terawat, sehingga kurang menarik kalau didatangi lagi," bebernya.

Dia berharap dengan dibukanya kembali tempat wisata, pihak pengelola bisa segera berbenah agar bisa menarik lagi untuk dikunjungi. Kuswanto ferdian 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved