Gowes To Zoo Awali Dibukanya Kembali Kebun Binatang Surabaya

Dibukanya kembali KBS ditandai dengan aktivitas Gowes to Zoo. Para pengunjung bisa menikmati sensasi bersepeda keliling ditemani satwa

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/ istimewa
Gowes to zoo tandai dibukanya kembali KBS 

Suryatravel – Pembukaan kembali Kebun Binatang Surabaya (KBS) dipadati pengunjung. Para pengunjung antusias menikmati pembukaan tempat rekreasi keluarga taman satwa tersebut.

Dibukanya kembali KBS ditandai dengan aktivitas Gowes to Zoo. Para pengunjung bisa menikmati sensasi bersepeda keliling ditemani satwa di areal seluas 15 hektare tersebut mulai pukul 06.00.

"Jangan lupa tetap pakai masker. Tetap menjaga Prokes ya," ucap Wakil Wali Kota Surabaya Armuji saat Gowes to Zoo bersama warga dan ditemani Dirut Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Chairul Anwar dalam pembukaan KBS.

Wawali Armuji atau Cak Ji bersepeda didampingi Chairul Anwar, Direktur Utama Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS. Bersama para komunitas pesepeda lainnya, mereka menelusuri Rute bersepeda di KBS. Mereka sangat menikmati suasana KBS yang teduh karena banyak pohon sambil ditemani satwa.

"Alhamdulillah KBS sudah dibuka. Bonbin ini salah satu ikon Surabaya. Tempatnya bersih. Semoga ini menjadi momentum terus bergeraknya sektor ekonomi warga," tambah Cak Ji usai berbaur  membagikan masker kepada pengunjung.

Mulai hari Minggu, KBS memang dibuka mulai pukul 08.00-16.00. Namun kapasitas pengunjung dibatasi 25% atau sekitar 2.000 pengunjung. Sedangkan bagi yang ikut Program Gowes tO Zoo dibuka mulai pukul 06.00-10.00.

Yang menarik, selain sudah bisa dibuka untuk pengunjung umum, KBS juga menyediakan tempat vaksinasi. Pemkot Surabaya bersama KBS menyediakan 1.000 dosis untuk pengunjung. Baik warga ber-KTP Surabaya atau Luar Surabaya.

Saat dimulainya pembukaan KBS, pengelola taman rekreasi ini juga menyiagakan 85 Satgas Mandiri Covid-19. Mereka bertugas khusus mengawasi dan memantau Prokes di KBS. 

Satgas mandiri itu berkeliling mengingatkan protokol kesehatan kepada para pengunjung. Para petugas ini sudah dibagi per zona yang biasanya menimbulkan kerumunan, seperti di pintu masuk, pertigaan, area zona satwa favorit dan zona lainnya. 

"Mereka kami tempatjan di zona-zona-zona tersebut. Kita harus jamin dan pastikan semua aman dan tidak menimbulkan klaster," katanya.

Gowes to Zoo sudah beberapa kali digelar di KBS. Namun karena PPKM, KBS ditutup. Hari Minggu ini kembalinya taman rekreasi keluarga itu kembali dibuka. Harga tiket tetap Rp 15.000 per orang. Tiket hanya boleh dipesan lewat online.

Karena masih uji coba, jumlah pengunjung KBS dibatasi 25 persen dari kapasitas normal. Namun antusiasme warga begitu tinggi. KBS baru buka pukul 08.00 untuk pengunjung umum, namun warga sudah memadati areal Bonbin tengah kota itu sejak pukul 07.00.

Dari sembilan taman rekreasi yang akan diuji coba pembukaannya di Jatim, dua taman rekreasi berada di Surabaya, yaitu KBS dan Surabaya North Quay (SNQ) di Perak. (Faiq) 

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved