Warung Legendaris Kare Ayam Kampung Mantup Lamongan Cita Rasa Khas Bikin Nagih

Kare ayam kampung Kayun Mantup Lamongan warung legendaris milik Pak haji Kayun bumbu rempah dengan kuah kental gurih

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/ hanif manshuri
Kuliner tradisional di warung Legendaris Kare ayam kampung Kayun di Lamongan 

Suryatravel – Menikmati kuliner di Lamongan tak bisa lepas dengan yang namanya Soto Ayam. Dan Nasi Boranan. Tapi kuliner satu juga tak kalah nikmat yakni Kare Ayam Kampung Kayun.

Kare ayam kampung Kayun ini  adalah salah satu menu andalan yang tidak boleh ditinggalkan begitu saja   saat berkunjung ke Lamongan Jawa Timur. Nama Kayun itu bukan jenis masakannya, namun dikenal masyarakat yang mengambil trade merk  pemiliknya, Pak Haji Kayun dan Ibu Kayun. 

Kare Kayun ini hanya mengenal ayam kampung yang dimasaknya hingga empuk dan gurih.

Ramuan  bumbu dapur dan rempah membuat aroma dan rasa kare ayam Kayun menyedot penggemar kuliner kare.

Kuahnya yang kental dan gurih didukung daging ayam kampung yang dimasak khusus, membuat tidak ada tandingannya.

Warung makan milik Pak Kayun yang di Jalan Raya Mantup-Lamongan, Dusun Pucung Desa Puter Kecamatan Kembangbahu juga dikenal sebagai warung makan kare ayam kampung yang legendaris.

Cita rasanya yang tak pernah berubah dan  membuat warung makan ini selalu dipadati oleh pengunjung. Warung ini hanya menyediakan satu menu yaitu kare ayam kampung. 

Kalau sekedar ingin kenyang, sang pemilik warung tak membatasi jatah nasinya. Sebab pembeli bisa bisa mengambil sendiri sepuasnya

Kare ayam  Kayun ini dibadrol Rp 40 ribu per porsinya yang tidak akan membuat kantong jebol, karena rasanya yang tak tertandingi. 

Ukuran daging ayam yang lumayan besar,  kuahnya yang berwarna orange kemerahan ini menebarkan aroma sedap menyengat di hidung.

Potongan tulang-tulang berlapis daging ayam kampung alias tetelan balung  yang besar juga  melimpah.

Menurut Ibu Kayun, warung kare yang digelutinya ini dirintis oleh  keluarganya sekitar 37 tahunan lalu. "Warung makan ini ada sejak tahun 1984. Tempatnya sejak dulu di sini tak pernah pindah, " kata Ny Kayun, Minggu (10/10/2021).

Ia mengedepankan kualitas rasa untuk mempertahankan keberlangsungan usahanya." Biar pelanggannya tidak berpindah, " kata wanita 68 tahun ini.

Menikmati sajian Kare ayam kampung Kayun Lamongan
Menikmati sajian Kare ayam kampung Kayun Lamongan (suryatravel/ hanif manshuri)

Pantas saja,  Setiap hari, kare ayam kampung bikinannya selalu ludes terjual. Tak jarang  para pembeli sengaja memesan sedari awal agar tidak bisa kehabisan saat berkunjung ke warung makan keluarga Kayun.

Setiap hari habis berapa ekor ?  rata-rata memotong 17 ekor ayam kampung. Lain lagi kalau ada pesanan diluar masakan yang digelar di warung.

Sementara itu, salah satu pencinta kuliner kare ayam kampung, Syahbandiyah (30)  mengatakan, kalau ia sudah sejak lama berlangganan makan kare ayam kampung Kayun , "Kare Kayun nagihi, " katanya.(Hanif Manshuri)

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved