Bukit Jokowi Di Jayapura Jadi Jujugan Atlit PON XX Berwisata Ria

Bukit Jokowimenjadi semakin tersohor setelah ada gelaran PON XX paling banyak dikunjungi para atlet dan juga kontingen, saat PON XX Papua 2021

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/ myu
Bukit Jokowi di Jayapura jadi jujugan atlit PON XX Papua 

Suryatravel - Ada salah satu destinasi wisata di Kota Jayapura Papua, yang paling banyak dikunjungi para atlet dan juga kontingen, saat PON XX Papua 2021.

Lokasi itu ialah Bukit Jokowi. Ya, bukit yang diberi nama panggilan presiden Republik Indonesia, Joko Widodo itu menjadi semakin tersohor setelah ada gelaran PON XX Papua yang akan di tutup pada, Jumat (15/10/2021) Malam waktu Indonesia Timur di Stadion Lukas Enembe Kabupaten Jayapura.

Bukit yang berada di Skyland, Entrop Kota Jayapura itu, diberi nama Bukit Jokowi karena pada tahun 2014 lalu, saat Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Papua, dari atas bukit inilah, Jokowi memantau langsung pembangunan Jembatan Merah Kota Jayapura.

Pasalnya dari bukit inilah terlihat jelas pesona jembatan Merah Youtefa yang membentang luas sepanjang 733 meter, dikelilingi teluk Youtefa yang indah.

Lantaran menjadi 'pos pantau' saat Jokowi memantau pembangunan jembatan Merah Youtefa, akhirnya pengelola yang saat itu kondisi bukit masih gersang dan banyak tumbuhan liar, akhirnya meminta izin kepada Jokowi untuk mengelola bukit dan diberi nama Bukit Jokowi pada tahun 2016.

Selain menyuguhkan pemandangan yang indah, di Bukit Jokowi juga menawarkan beragam spot foto dan fasilitas yang cukup lengkap untuk wisatawan.

Tak hanya itu, pengunjung bisa memesan aneka minuman, mulai dari kelapa muda, teh hangat, es jeruk, jeruk hangat dan aneka makanan, serta pisang goreng dan sambal yang banyak dipesan pengunjung setiap berkung ke Bukit Jokowi, dengan harga yang terjangkau.

"Kalau weekend banyak pengunjung yang datang. Selama PON ini juga banyak yang datang. Kebanyakan untuk foto dan minum air kelapa muda. Kami buka mulai pukul 8.30 WIT, sampai pengunjung habis baru kami tutup. Tapi kalau ada yang datang sebelum jam itu, tetap kami layani," kata Apo salah satu pengelola Bukit Jokowi pada Surya, Jumat (15/10/2021).

Untuk datang ke Bukit Jokowi, pengunjung hanya perlu menempuh waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Jayapura.

"Disini bisa melihat matahari terbenam. Paling ramai kalau sore. Masuk sini tidak dipungut tiket. Hanya cukup pesan minum dan makan," ujarnya.

Sementara itu Suci Rahayu, salah satu pengunjung Bukit Jokowi, mengaku datang ke Bukit Jokowi karena rekomendasi dari rekannya yang ada di Jayapura.

"Ada reverensi dari teman. Ternyata setelah datang kesini amazing banget. Pemandangannya sangat bagus, suasananya seger," jelas Suci Rahayu asal Malang.(myu)

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved