Kunjungi Desa Wisata Sanankerto, Sandiaga Minta Pemkab Malang Genjot Pembenahan

Sandiaga melakukan tinjauan lapangan Desa Wisata Sanankerto Malang untuk ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia butuh pembenahan

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/ erwin
Menparekraf Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Sanankerto, Turen, Kabupaten Malang pada Jumat (15/10/2021) 

Suryatravel – Desa wisata disejumlah daerah kini menjadi perhatian Kemenparekraf Sandiaga Uno. Salah satunya adalah Desa Wisata Sanankerto, Turen, Kabupaten Malang.

Sandiaga melakukan tinjauan lapangan dan penilaian untuk ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI 2021, Jumat (15/10/2021). Desa Wisata Sanankerto masuk pada nominasi penghargaan prestisius tersebut.

Menurut Sandiaga, Desa Wisata Sanankerto punya poin-poin lebih dari cukup untuk berkembang menjadi tempat pariwisata kelas dunia.

"Desa Wisata Sanankerto ini memiliki keunggulan 115 spesies bambu. Ada arboretum yang akan menjadi terbesar di Indonesia. Ini adalah daya tarik utama desa wisata yang berbasis ecotourism. Di Desa Sanankerto ini masyarakat sangat antusias dan ekonomi masyarakatnya bergantung pada pariwisata," beber Sandiaga.

Pihaknya telah melakukan pembahasan dengan Pemerintah Kabupaten Malang untuk pengembangan Desa Wisata Sanankerto.

"Tadi Bupati Malang (Sanusi) sudah janji akan membangun infrastruktur agar lebih baik. Saya sudah mengecek tadi ada sejumlah infrastruktur tambahan yang sudah tersedia," ujarnya.

Sandiaga mendorong pengelola pariwisata di Kabupaten Malang untuk berkompetisi menjadi tempat wisata terbaik.

"Di Kabupaten Malang yang sudah tingkat dunia ada Desa Wisata Pujon Kidul yang sudah tersertifikasi. Ada homestay salah satu yang terbaik di dunia. Kita berharap Desa Wisata Sanankerto bisa menyusul menjadi desa wisata kelas dunia," tuturnya.

Kendati kasus Covid-19 telah menurun, Sandiaga masih memikirkan beberapa hal terkait pembukaan tempat pariwisata.

"Jika sudah dapat menurun ke PPKM level II, wisata secara bertahap dibuka dengan koordinasi forkopimda dan satgas Covid-19," sebutnya.

Menparekraf berjanji akan memberikan fasilitasi kepada pengelola wisata yang ingin melakukan uji coba pembukaan tempat pariwisata. (ew)

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved