Bunga Bangkai Tumbuh di Halaman Rumah Yateno Di Lamongan Jadi Tontonan Warga

di Rumah Yateno, warga Dusun Bandung, Desa Karangsambigalih, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan, dihalaman rumahnya tumbuh bunga bangkai

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/ hanif manshuri
Bunga bangkai yang  tumbuh  di pekarangan rumah warga di Dusun Bandung, Desa Karangsambigalih, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan 

Suryatravel – Ada yang menarik di Rumah Yateno, warga Dusun Bandung, Desa Karangsambigalih, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan, dihalaman rumahnya tumbuh bunga bangkai dan jadi perhatian warga sekitar.

Bunga bangkai yang tumbuh di pekarangan samping rumah Yateno tersebut adalah jenis Amorphophallus Peoniifolius, atau yang juga dikenal dengan sebutan suweg.

Ukuran bunga bangkai tersebut cukup besar dengan ketinggian  selutut orang dewasa, dengan diameter sekitar 30 senti meter.

Ketika berada di dekat bunga yang memiliki mahkota berwarna merah keunguan tersebut,  aroma menyengat tidak sedap menyeruak hidung.

" Pada sepekan lalu, bungai bangkai itu sudah ada,  namun  belum sebesar sekarang .  Mekarnya  seminggu ini," kata Yateno, Senin (18/10/2021).

Diakui Yateno,  tumbuhan yang  tergolong suku talas-talasan tersebut baru pertama kali ditemui tumbuh di desanya. Makanya dalam sepekan ini banyak jadi tontonan masyarakat .

" Saya tinggal di desa ini sudah sekitar 25 tahun, tapi ya baru kali ini ada, " ungkapnya. 

Sebelum muncul di Dusun Bandung, Desa Karangsambigalih, Kecamatan Sugio, akhir tahun lalu bunga serupa  juga tumbuh di Dusun Tarik, Desa Dradahblumbang, Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan.

Yateno sengaja membiarkan bunga bangkai itu tumbuh sampai punah nanti. Banyak warga yang datang ke tempat tumbuhnya bunga bangkai itu.

Meski aromanya menyengat, warga yang datang banyak yang mendekat. Bahkan untuk objek selvi. "Pensaran aja, " kata salah seorang  yang bertandang ke lokasi,  Dwi Fakhruddin. (Hanif Manshuri)

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved