Surabaya Masuk PPKM Level 1 Sejumlah Taman Akan Dibuka Kembali  

8 taman Surabaya dibuka Taman Flora, Taman Sejarah, Taman Cahaya, Taman Harmoni, Taman Pelangi, Kebun Bibit Wonorejo, Taman Prestasi, Taman Ekspresi

Editor: Wiwit Purwanto
ist
Salah satu taman di Surabaya yang menjadi tempat berkreasi anak anak muda  

Suryatravel – Kota Surabaya kini masuk dalam PPKM Level 1. Rencananya sejumlah taman di Surabay akan dibuka kembali pada Jumat (22/10/2021) mendatang.

Pada tahap awal, ada 8 taman yang akan dibuka. Yakni, Taman Flora, Taman Sejarah, Taman Cahaya, Taman Harmoni, Taman Pelangi, Kebun Bibit Wonorejo, Taman Prestasi, dan Taman Ekspresi.

"Kami merencanakan membuka taman sejak Jumat mendatang, tapi prokes tetap harus dijaga," kata Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya Anna Fajriatin, Selasa (19/10/2021). 

Sebanyak 8 taman yang akan dibuka tersebar di masing-masing kawasan. Sehingga, masyarakat tak perlu jauh-jauh," katanya. 

Pada uji coba pembukaan ini, masing-masing taman harus menerapkan sejumlah protokol. Misalnya, pembatasan jumlah pengunjung, pembagian sesi kunjungan, hingga pengguna aplikasi PeduliLindungi. 

Untuk jumlah pengunjung, masing-masing taman hanya akan menampung 25 persen dari total kapasitas. "Tim satgas akan menghitung jumlah pengunjung yang diperbolehkan masuk di masing-masing taman. Sebab, kapasitasnya berbeda," katanya. 

Waktu kunjungan akan dibagi dua sesi tiap harinya. Yakni, pukul 06.00 - 12.00 kemudian dilanjutkan pada pukul 13.00-17.00.

Pengunjung yang masuk juga telah menerima vaksin dengan dibuktikan melalui aplikasi PeduliLindungi. Sekalipun demikian, anak-anak diperbolehkan masuk namun tetap dengan dampingan orang tua. 

"Taman ini betul-betul dinantikan oleh warga. Mereka tidak mungkin meninggalkan anaknya di rumah. Anaknya tetap boleh masuk namun dengan didampingi orang tua," katanya. 

Selain itu Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berada di luar taman diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Nanti, kami akan berkoordinasi dengan satgas yang juga akan berjaga di taman. Jadi, yang di taman bukan hanya DKRTH tapi juga Linmas, Satpol PP," katanya. 

Pembukaan taman ini akan dievaluasi secara berkala. Apabila pengunjung bisa menjalankan prokes dengan baik, pihaknya siap membuka seluruh taman aktif di Surabaya yang berjumlah 39 taman pekan depan. 

Untuk saat ini, Pemkot masih menutup satu di antara taman yang jadi ikon Surabaya, Taman Bungkul. DKRTH menilai Taman Bungkul masih cukup berisiko untuk dibuka saat ini. 

Untuk diketahui, taman di Surabaya tutup sejak Juni lalu atau sesaat sebelum pemberlakuan PPKM darurat di Surabaya. Ini karena merebaknya kasus Covid-19 secara nasional pada pertengahan tahun ini. (bob) 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved