Kripik Tempe Khas Kota Kediri Tembus Pasar Amerika 

Keripik tempe buatan Billy Bachtiar Kediri tembus pasar ekspor Amerika secara rutin mengirimkan produknya ke luar negeri bekerja sama dengan ekspedisi

Editor: Wiwit Purwanto
zoom-inlihat foto Kripik Tempe Khas Kota Kediri Tembus Pasar Amerika 
suryatravel/ istimewa
Kripik Tempe khas Kediri tembus pasar Amerika

 

Suryatravel - Keripik tempe buatan Billy Bachtiar pemuda warga Kota Kediri berhasil menembus pasar ekspor di Amerika Serikat. 

Billy Bachtiar secara rutin mengirimkan produknya ke luar negeri bekerja sama dengan ekspedisi logistik untuk pengiriman luar negeri.

“Saya sudah ekspor sejak 2017, sering mengikuti pameran dan melihat peluang ekspor. Untuk pengiriman di Amerika, produk yang dikirim mencapai 2.000 bungkus setiap periode kirim,” ujar Billy Bachtiar, pemilik Keripik Tempe Pakuaty, Kamis (28/10/2021).

Keripik tempe buatannya dikemas  dengan kemasan yang baik, dilengkapi dengan sertifikasi seperti halal MUI, SNI, bahkan sertifikasi internasional yang disertakan dapat meningkatkan nilai jual produknya.

Adanya sertifikasi ini karena tempe di luar negeri dinilai sebagai bahan pangan yang berkualitas baik, dan harganya mahal.

“Tempe ini di sana (Amerika)  termasuk kategori super food, maka dari itu akan sangat potensial jika dipasarkan ke luar negeri,” tambah Billy.

Saat pandemi Covid, penjualan keripik tempe miliknya cukup terkendala pengiriman. Billy berharap kondisi segera pulih dan pengiriman ke luar negeri dapat dilonggarkan.

“Saat ini pasokan ke Amerika masih terhenti terlebih dahulu. Saya optimalkan penjualan di Indonesia melalui online dan offline. Selain itu juga sedang melakukan negosiasi pemasaran di Jerman dan Timur Tengah,” jelasnya.

Billy telah mendapat kesempatan untuk memasarkan produknya di swalayan berjejaring di Kota Kediri melalui program Produk UMKM Asli Kota Kediri (Pusaka) yang diadakan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPMPTSP) Kota Kediri. 

Keberadan progam Pusaka ini cukup mendukung keberlangsungan usahanya selama pandemi.

Billy juga menyampaikan pesan kepada pelaku usaha di Kota Kediri semua memiliki kesempatan untuk bisa menembus pasar dunia. 

Kepada UMKM lainnya, Billy tak segan untuk berbagi dan saling bantu tentang pengetahuan ekspor.

“Banyak yang beranggapan bisa ekspor harus dibarengi dengan produksi yang gede. Usaha ini yang masih memiliki kapasitas produksi dan omset yang tidak seheboh yang dipikirkan orang juga bisa ekspor, maka teman-teman yang lain juga bisa begitu. Kita bisa bersama-sama membawa nama Kota Kediri ke pasar ekspor,” ungkapnya. (didik mashudi)

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved