Tempat Wisata di Trenggalek Mulai Dipasang QR Code Pedulilindungi

QR code ini akan dipakai untuk skrining para wisatawan yang akan berkunjung ke tiap tempat wisata yang ada di Kabupaten Trenggalek

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/ aflahudin
 Destinasi wisata yang memasang QR code di Kabupaten Trenggalek. 

Suryatravel  - Destinasi wisata di Kabupaten Trenggalek mulai dipasang QR code untuk dipindai dengan aplikasi PeduliLindungi. Hingga Sabtu (29/10/2021), sebanyak 27 destinasi telah memasang QR Code tersebut. QR code itu dipasang di pintu masuk wisata masing-masing destinasi.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek Sunyoto menjelaskan, nantinya seluruh destinasi akan memasang QR code serupa. Saat ini, proses penerbitan QR code masih berjalan sembari menunggu aturan pembukaan destinasi.

Menurutnya QR code ini akan dipakai untuk skrining para wisatawan yang akan berkunjung ke tiap tempat wisata yang ada di Kabupaten Trenggalek.

“Sekaligus untuk memastikan secara akurat, berapa jumlah pewisata yang masuk pada sebuah destinasi, kemudian untuk mengetahui apakah wisatawan sudah divaksin atau belum. Intinya, ini untuk mengoptimalkan prokes (protokol kesehatan),” ujar dia.

Dengan QR code, pemkab membuka kemungkinan aturan soal pembatasan wisatawan yang boleh masuk ke destinasi. Misalnya, mereka yang boleh masuk ke area wisata adalah mereka yang telah divaksin Covid-19.

Dengan demikian, risiko penularan virus corona di tempat wisata bisa lebih diminimalisir. Dinas, kata Sunyoto, juga telah meminta para pengelola destinasi untuk melakukan latihan dan menggelar uji coba penggunaan QR code untuk skrining wisatawan yang datang.

Menurut Sunyoto, masih ada beberapa pengelola yang binggung dan kikuk dengan penerapan QR code tersebut.

“Maka saya minta untuk terus latihan, dan juga tentu kami arahkan. Agar nanti, kalau destinasi sudah dibuka kembali, skrining ini bisa lancar tanpa hambatan,” sambung dia.

Ia mengatakan, destinasi wisata di Kabupaten Trenggalek masih ditutup hingga saat ini. Penutupan ini merujuk pada instruksi menteri dalam negeri tentang PPKM yang terbaru.

Destinasi wisata masih ditutup karena Kabupaten Trenggalek masih masuk dalam level 3. Tak menutup kemungkinan, tempat wisata bisa kembali dibuka apabila level tersebut turun.

Meskipun, aturan pembukaan atau penutupan destinasi wisata akan bergantung pada kebijakan terbaru pemerintah pusat dan daerah.

“Sambil menunggu destinasi dibuka, kami ingin memastikan semuanya aman dan nyaman. Aman karena prokes dan skriningnya berjalan dengan baik, nyaman karena pengunjung bisa menikmati destinasi dengan risiko minim,” ucapnya.

Selain destinasi wisata, beberapa area lain di Kabupaten Trenggalek juga telah menerapkan pemasangan QR code PeduliLindungi. Antara lain, tempat penginapan serta hotel dan rumah makan.

Data terakhir yang dihimpun dari Disparbud, sebanyak sembilan hotel telah memasang kode tersebut. Sementara untuk tempat makan, jumlahnya enam, (fla)

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved