Komitmen Tokko Semesta Dampingi Digitalisasi UMKM

Salah satu aplikasi untuk membuat toko online yang mendorong UMKM untuk jualan adalah Tokko Semesta.

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/ istimewa
Gubernur Khofifah meresmikan dibukanya Tokko Semesta 

Suryatravel – Melandainya angka penderita covid-19 membuat sejumlah perusahaan bergeliat dan membuka kran bisnis yang sempat terhenti karena kasus Covid-19.

Salah satu aplikasi untuk membuat toko online yang mendorong UMKM untuk jualan adalah Tokko Semesta. Dengan  memaksimalkan produk dan layanannya, kali ini kembali meluncurkan Tokko Semesta di Surabaya, menyusul kesuksesan Tokko Oktober 2021 lalu.

Tokko Semesta adalah sebuah komunitas yang mewadahi dan melakukan pendampingan kepada pelaku usaha yang ingin fokus mengembangkan bisnisnya.

Di Surabaya Tokko Semesta bertujuan untuk mendorong lebih banyak UMKM di Jawa Timur khususnya Surabaya untuk dapat beradaptasi dan bergerak lebih cepat mengembangkan usahanya dengan berjualan online.

Peluncuran Tokko Semesta ini dilakukan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, serta manajemen Tokko, Fandy Silalahi (VP of Community & Merchant Success Tokko), dan Tri Sukma Anreianno (VP of MSME Growth).

Kehadiran Tokko ini ikut memperkuat komitmen untuk mendorong digitalisasi UMKM di daerah dengan memberikan pendampingan, pelatihan, dan mentorship melalui pendekatan personalisasi yang menyesuaikan dengan kebutuhan skala bisnis

UMKM dan tersedia secara online maupun offline. Tokko sebagai aplikasi untuk membuat website resmi toko online untuk para UMKM,

Berbeda dari platform jualan online lainnya, memberikan pemerataan akses bagi para pelaku usaha untuk menjual langsung kepada pelanggan mereka.

Lalu  membantu mereka untuk membangun brandnya, dan memaksimalkan keuntungan dengan cara ‘Jualan Online Beneran’. Saat ini Tokko telah memiliki 2,5 juta pengguna di seluruh Indonesia yang terdiri dari pelaku usaha kecil, menengah dan besar.

TOKKO Semesta menghadirkan pelatihan rutin bagi UMKM yang menyasar pada pengembangan usaha UMKM seperti teknik pemasaran digital, membangun brand

Sementara itu Tri Sukma Anreianno, VP of MSME Growth Tokko mengatakan, Pandemi memberikan tantangan bagi mayoritas UMKM, kebutuhan untuk go-digital sudah menjadi keharusan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

“Kami memahami tantangan lain yang dihadapi oleh UMKM setelah go-

digital yaitu persaingan ketat di market online yang membutuhkan strategi, kekuatan produk, serta pemahaman yang baik terhadap pelanggan agar brand mereka dapat terus bertahan,” jelasnya.

Fandy Silalahi VP of Community & Merchant Success Tokko mengatakan sejalan dengan semangat memperkuat kompetensi UMKM daerah,

Tokko Semesta hadir untuk memberikan pelatihan gratis secara online dan offline pada komunitas-komunitas UMKM dan pebisnis di Surabaya. 

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved