Jamaah Umroh WNI Bisa Terbang Langsung Ke Arab Saudi Tanpa Karantina 14 Hari Di Negara Ketiga  

jamaah umroh dan haji asal Indonesia bisa terbang langsung ke ARab Saudi tanpa karantina 14 hari

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/AP Photo
Arab Saudi buka kembali layanan Umroh tanpa karantina 14 hari di negara ketiga 

 

Suryatravel – Kabar gembira bagi calon jamaah umroh dan haji asal Indonesia.  Otoritas Umum Penerbangan Sipil (GACA) Arab Saudi mengumumkan, warga negara Indonesia (WNI) sudah bisa terbang langsung ke sana tanpa karantina 14 hari di negara ketiga mulai 1 Desember 2021 pukul 01.00 waktu setempat.

Melansir Kompas.Com, dari Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Indonesia (Amphuri), Jumat (26/11/2021). Dalam keterangan resmi itu, negara-negara lain yang diizinkan untuk terbang langsung ke Arab Saudi adalah Pakistan, Brasil, Vietnam, Mesir, dan India.

Kendati tidak perlu karantina 14 hari di negara ketiga, para pelancong dari enam negara tersebut wajib karantina lima hari setibanya di Arab Saudi. Aturan itu diberlakukan kepada seluruh pelancong, terlepas dari status vaksinasi Covid-19 yang mereka miliki

Kepala Bidang Umrah Amphuri Zaky Zakaria Anshari menjelaskan, pengumuman dari GACA berlaku untuk penerbangan secara umum. “Kalau untuk umrah, perlu ditambah keputusan dari Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi yang ditandai dengan sistem visa umrah dibuka,” ujarnya.

Lebih lanjut, Zaky mengatakan saat pengumuman resmi dari pihak terkait sudah dirilis, ada kemungkinan syarat umrah terbaru juga akan diinformasikan.

Meski begitu, dia tidak menampik bahwa pengumuman dari GACA merupakan sinyal yang bagus terkait pembukaan umrah untuk WNI.

“Kapan Indonesia berangkat dan teknis rinciannya seperti apa, kita tunggu dulu pengumuman dari Menteri Agama (Menag) atau Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kemenag,” pungkas Zaky.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved