Gita Orlin Satukan Keragaman Motif Tenun Sumba Dan Batik Dalam “Ethnic Diversity”

Memadukan kain batik dan tenun sumba menjadi karya spesial fashion desainer muslim Gita Orlin pada gelaran Surabaya Fashion Parade 2021

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/ ahmad zaimul haq
Gita Orlin memadukan kain batik dan tenun sumba di gelaran Surabaya Fashion Parade 2021 

Suryatravel – Memadukan kain batik dan tenun sumba menjadi karya spesial fashion desainer muslim Gita Orlin pada gelaran Surabaya Fashion Parade 2021.  

Gita menuangkan paduan batik dan tenun sumba ini dalam "Ethnic Diversity", ada 16 outfit yang ia bawa dalam gelaaran SFP 2021 ini.

Dalam koleksinya kali ini Gita lebih mengedepankan unsur sprirituality dan eksploitation dengan mengkolaborasikan motif dari batik printing dan tenun sumba. Ia mengaplikasikan dengan menggunakan printing lalu didesain khusus untuk menyatukan keragaman etnik Indonesia.

 "Saya terinspirasi dari motif tenun sumba dan batik. Batiknya menggunakan batik printing signature Gita Orlin," jelas  Gita disela gelaran SFP, Jumat (3/12/2021).

Yang menarik desain yang ia bawa kali ini agak berbeda dengan desain desain sebelumnya dimana kali ini Gita lebih menonjolkan motif dari kain batik dan tenun itu sendiri, sebelumnya koleksi Gita lebih banyak menonjolkan motif f bunga bunga.

"Ciri khas saya motif bunga-bunganya tetap ada, tapi yang lebih ditonjolkan motif tenun sumba dan batiknya," tambahnya.

Fashion desainer Gita Orlin Usung keragaman etnik Indonesia
Fashion desainer Gita Orlin Usung keragaman etnik Indonesia (suryatravel/ ahmad zaimul haq)

Untuk pemilihan bahan, Gita suka dengan paduan kain sifon, silk, dushess, tile dan organza. “Bahan bahan ini enak dan nyaman saat dikenakan,” tukasnya.

Untuk 16 koleksi yang ia bawa, terdiri dari 15 busana wanita dan satu busana pria ini, dengan masing masing  memiliki siluet yang unik dan berbeda-beda, seperti, tangan puff plus model balon dari kain organza, lalu dress full klok, blazer dan  blouse.

Ciri khas lainnya dari koleksi Gita Orlin adalah untuk detail busana ia  memilih embroidery handmade (buatan tangan). Agar terlihat cantik dan elegan ia mengkombinasikan dengan mutiara  dan swarozski.

Dari 16 koleksi ini 6 di antaranya ready to wear sisanya gaun. Untuk yang laki-laki modelnya blazer jadi cocok digunakan formal dan semi formal. Sementara model gaun juga bisa untuk sehari hari,” paparnya.

Pada koleksi ini warna yang diusung dominan warna biru dengan kombinasi warna peach dan warna biru telur asin.

"Saya memilih warna blue karena bisa masuk di semua kalangan, dari remaja sampai usia 40 tahun keatas Selain itu pemilihan warna ini juga hasil kolaborasi dengan Giv Hijab," tandasnya.

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved