Batu Street Food  Culinary Festival Angkat Ragam Kuliner Kota Wisata Batu  

Dinas Pariwisata Kota Batu menyelenggarakan acara Batu Street Food (BSF) dan Culinary Festival di halaman Balaikota Among Tani, Selasa (7/12/2021).

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/ benni indo
Peserta Batu Street Food (BSF) dan Culinary Festival memperlihatkan menu masakan khas Jepang. 

Suryatravel - Geliat pariwisata di Kota Batu perlahan mulai bangkit. Sejumlah penyelenggaraan acara yang menarik minat wisatawan diselenggarakan. Terbaru, Dinas Pariwisata Kota Batu menyelenggarakan acara Batu Street Food (BSF) dan Culinary Festival di halaman Balaikota Among Tani, Selasa (7/12/2021).

Food and Beverage Service Niki Kopitiam, Acha Valda (21) mengaku sangat senang karena sepanjang pandemi dua tahun belakangan ini, tidak banyak  kegiatan seperti yang terselenggara saat ini.

“Pariwisata kembali bangkit lagi, ekonomi meningkat. Akses antar kota juga sudah dibuka sehingga wisatawan bisa berwisata sepuasnya,” ujarnya, Selasa (7/12/2021).

Menurutnya, festival itu penting, selain membuka peluang ekonomi, juga memperkenalkan ragam kuliner kepada publik. Pihaknya sendiri memperkenalkan menu-menu barat yang dipadu dengan menu tradisional.

“Harganya mulai RP 15 ribu hingga Rp 20 ribu,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan seperti itu perlu dilakukan setiap tahunnya. Keuntungan lainnya adalah agar makanan khas hotel berbintang dikenal.

“Dengan harga kaki lima, masyarakat bisa menikmati rasa masakan bintang lima,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pariwisata, Arief As Siddiq optimis, perputaran uang sebanyak Rp 200 juta akan terjadi dalam dua hari ke depan selama BFS dan Culinary Festival berlangsung.

Arief menjelaskan, acara tersebut bertujuan memperkenalkan ragam kuliner khas sejumlah hotel di Kota Batu.

Meskipun merupakan menu favorit dari hotel-hotel mewah, namun harganya sangat terjangkau.

Harga berkisar antara Rp 5 ribu hingga Rp 25 ribu. Arief menyebut, dengan adanya acara itu, wisatawan bisa membeli ragam kuliner tanpa harus menginap di hotel tertentu.

Sejumlah hotel yang turut serta dalam kegiatan tersebut di antaranya adalah Singhasari Resort, El Hotel Kartika Wijaya Batu, Golden Tulip Holland Resort Batu, Niki Kopitiam, dan masih banyak lagi.

BSF dan Culinary Festival digelar pada 7-8 Desember 2021. Ada 32 partisipan yang ikut dan dimeriahkan oleh Chef Olivia.

Secara virtual, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengajak kekompakan para pelaku usaha pariwisata, kuliner dan penginapan terus ditingkatkan. Terselenggaranya acara tersebut merupakan wujud dari kompaknya para pelaku usaha di sektor pariwisata.

"Acara ini menunjukkan keakraban dan kegotong royongan PHRI dan semua pelaku wisata di Kota Batu. Saya berharap kuliner yang ada di Kota Batu bisa dikenal lebih jauh oleh masyarakat dan wisatawan," ujar Dewanti. Benni Indo

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved