KAI Tetap Layani Penumpang Di Masa Liburan Namun Ada Syaratnya

PT KAI Daop 8 tetap akan mengoperasikan Kerata Api di masa Natal dan Tahun Baru 2022. KAI konsisten menerapkan protokol kesehatan

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/istimewa
PT KAI Daop 8 Surabaya menerapkan persyaratan khusus bagi calon penumpang jarak menengah dan jauh 

 

Suryatravel – PT KAI Daop 8 tetap akan mengoperasikan Kerata Api di masa Natal dan Tahun Baru 2022.

“KAI konsisten menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin pada layanan Kereta Api sesuai ketentuan dari pemerintah selama masa pandemi Covid-19,” jelas Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif. Sabtu (18/12/21).

Pada periode 17 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022, Daop 8 setiap harinya akan mengoperasikan 33 perjalanan KA Jarak Jauh, dan 52 perjalanan KA Lokal.

Untuk perjalanan KA Jarak jauh, pihaknya menyediakan rata-rata 15 ribu tiket KA Jarak Jauh per hari. KAI belum melakukan penambahan perjalanan KA, karena masih melihat perkembangan dari masyarakat.

Adapun rute yang menjadi favorit masyarakat sejauh ini adalah rute tujuan Yogyakarta, Jakarta, Bandung, dan juga ke arah timur dengan tujuan Jember dan Banyuwangi.

Tiket Kereta Api pada masa Natal dan Tahun Baru 2022 sudah dapat dipesan oleh masyarakat melalui aplikasi KAI Access, website KAI, dan seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Pada masa Natal dan Tahun Baru 2022 ini pula, para pegawai KAI juga akan melakukan posko di berbagai daerah.

Posko  ini bertujuan memastikan pelayanan berjalan dengan lancar, protokol kesehatan diterapkan secara disiplin, serta memastikan sarana dan prasarana kereta api dalam kondisi yang andal.

*Aturan Naik Kereta Api Pada Masa Nataru*

Adapun dengan terbitnya SE Kemenhub No 112 Tahun 2021, maka aturan perjalanan KA pada masa Natal dan Tahun Baru 2022 adalah :

*KA Jarak jauh*

-Usia diatas 17 tahun :
Wajib vaksin lengkap;
Menunjukkan RT-PCR (3x24jam) / RT-Antigen (1x24jam);

-Usia 12 s/d 17 tahun :
Minimal vaksin dosis pertama;
Menunjukkan RT-PCR (3x24jam) / RT-Antigen (1x24jam);

-Usia dibawah 12 tahun :
Menunjukkan RT-PCR (3x24jam) / RT-Antigen (1x24jam);
Didampingi orang tua

*KA Lokal*

-Diatas 12 tahun :
Minimal vaksin dosis pertama

-Usia dibawah 12 tahun :
Didampingi orang tua

KAI juga telah mengintegrasikan aplikasi Peduli Lindungi dengan sistem boarding KAI. Integrasi ini terwujud melalui kerjasama antara KAI dan Kementerian Kesehatan.

"Adapun untik layanan Rapid Test Antigen di stasiun, kamk menyediakan 11 stasiun yang melayani, diantaranya : Stasiun Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Bojonegoro, Babat, Kepanjen, Wonokromo, dan Lamongan. Dengan tarif Rp45.000, layanan Rapid Test Antigen di stasiun dapat membantu masyarakat dalam memenuhi persyaratan bepergian menggunakan Kereta Api Jarak Jauh di masa pandemi Covid-19," tutupnya.

 


 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved