KBS Panen, Libur Natal Pengunjung Capai 4 Ribu Orang, Pengelola Antisipasi Hadapi Libur Sekolah

wisata mura keluarga, KBS jadi jujugan warga berlibur Sabtu (25/12/2021) kemarin. Dalam satu hari, jumlah pengunjung mencapai 4.965 pengunjung.

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/ istimewa
KBS jadi jujugan warga berlibur 

Suryatravel - Kebun Binatang Surabaya (KBS) mencatat peningkatan jumlah pengunjung pada libur Natal, Sabtu (25/12/2021) kemarin. Dalam satu hari, jumlah pengunjung mencapai 4.965 pengunjung.

Mengutip data KBS, gejala peningkatan pengunjung wisata murah keluarga ini  mulai terlihat sehari sebelum Natal yang bertepatan dengan jelang akhir pekan

 "Jumlah pengunjung pada Jumat (24/12/2021) mencapai 2.598 pengunjung. Kemudian meningkat menjadi 4.965 pengunjung pada Natal," kata Humas KBS Agus Supangkat, Minggu (26/12/2021).

KBS memprediksi, jumlah pengunjung masih akan bertahan hingga Minggu. "Hari ini, kami perkirakan masih di angka 4 ribuan," kata Agus.

Meskipun jumlah tersebut cukup tinggi, Agus menyebut angka ini masih jauh dari kapasitas maksimal. "Angka itu sekitar 50 persen dari kapasitas," katanya.

Dari data pihaknya, mayoritas pengunjung datang bersama keluarga yang memang memanfaatkan waktu berlibur. Bukan hanya datang dari Surabaya, mereka juga datang dari Gresik dan Sidoarjo.

Lebih lanjut, Agus menjelaskan bahwa KBS jadi jujugan warga berlibur juga tengah melakukan persiapan jelang libur tahun baru. Yang mana, momentum ini juga bertepatan dengan libur sekolah.

Pihaknya memastikan protokol kesehatan akan tetap dijalankan. Penerapan 5 M, termasuk penggunaan masker di lokasi menjadi kewajiban.

Satgas mandiri KBS juga disiagakan. "Ada 60 personil satgas mandiri yang kami siagakan di sejumlah titik, baik di luar maupun dalam KBS," kata Agus.

Selain Prokes, mereka mengatur jalannya pengunjung sejak akan masuk KBS. Sehingga, tak ada kepadatan pengunjung.

"Selain itu, kami disupport teman kepolisian, Linmas, hingga Satpol-pp. Termasuk, pos kesehatan sehingga Prokes tetap dijaga dan tak ada penumpukan massa," katanya.

Beberapa yang harus menjadi perhatian pengunjung di antaranya, pengunjung dalam kondisi sehat dan prima (tidak sedang sakit). Kemudian, suhu tubuh tidak boleh lebih dari 37,5 derajat Celsius.

Pengunjung usia di atas 12 tahun wajib menerima vaksin (minimal dosis 1). Sedangkan untuk anak-anak dibawah 12 tahun diperbolehkan masuk (tanpa vaksin) asal didampingi orang tua yang telah vaksin dan menggunakan masker.

Wajib scan bukti vaksin melalui aplikasi Peduli Lindungi atau bisa menunjukan bukti fisik sertifikasi vaksin. "Pembelian tiket bisa melalui QRIS, BRIZZI dan Ticket Corner," katanya.

Untuk diketahui, KBS menjadi salah satu tempat wisata Surabaya yang menjadi jujugan warga Surabaya dan sekitarnya untuk berlibur di Natal dan Tahun Baru. Tempat ini menyajikan ratusan satwa hingga berbagai atraksi.

Sekalipun demikian, Pemkot Surabaya juga akan menerjunkan petugas gabungan bersama TNI dan Polri untuk memastikan prokes berjalan baik.

Selain KBS, masih ada beberapa destinasi wisata yang menjadi perhatian pihaknya. Di antaranya, Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran, Taman Hutan Rakyat, hingga beberapa ruang terbuka hijau lainnya. (bob) 

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved