Menikmati Laut Lepas Dari Pantai Kutang Lamongan

Destinasi wisata pantai di Lamongan ini cukup menarik bukan hanya karena keindahan pantainya tapi juga namanya cukup unik, Pantai Kutang

Editor: Wiwit Purwanto
Suryatravel/Hanif manshuri
Salah satu sudut obyek wisata Pantai Kutang Lamongan 

Suryatravel – Destinasi wisata pantai di Lamongan ini cukup menarik bukan hanya karena keindahan pantainya tapi juga namanya cukup unik, Pantai Kutang.

Nama pantai ini identik dengan nama pakaian dalam wanita, merupakan salah satu destinasi wisata pantai di Desa Labuhan Kecamatan Brondong yang cukup populer di Lamongan.

Nama Pantai Kutang, bermula dari banyaknya sebagian pakaian dalam wanita, kutang (BH) yang banyak dijumpai oleh warga setempat.

Jauh sebelum Pantai Kutang menjadi destinasi wisata seperti saat ini, tempat ini banyak sekali ditemukan kutang dan sampah-sampah lain yang berserakan hingga membuatnya nampak kumuh dan kotor. 

"Dulu pantai ini banyak sekali ditemukan kutang (BH) yang berserakan bersama sampah-sampah lainnya sehingga warga menamakan pantai ini Pantai Kutang," kata pengelola pantai, Ronal Aziz saat ditanya wartawan, Senin (27/12/2021).

Diakui sebelum terkenal, kutang atau BH dan sampah-sampah lainnya berserakan bahkan banyak  yang tersangkut di pohon mangrove.

Nama yang terdengar unik, ternyata membawa hoki.  Pantai ini justru menjadi daya tarik tersendiri dan menimbulkan penasaran bagi banyak orang  untuk datang. 

"Oleh masyarakat, kutang dan sampah-sampah ini kemudian dibersihkan dan lokasi pantainya dijadikan lokasi wisata.  ," ungkapnya. 

Pihak desa kemudian merawat dan menambah jembatan panjang untuk menuju dari satu Mangrove ke Mangrove lainnya. 

Pantai yang dikelola oleh Bumdes Labuhan ini sebelumnya digunakan sebagai budidaya Ikan Kerapu yang menjadi sumber pencaharian penduduk desa Labuhan. 

Kini dikelola dengan menejemen profesional. Tiket masuk ke Pantai Kutang juga cukup terjangkau dan ramah di kantong,  Rp 5 ribu.

Pantai Kutang juga memiliki banyak keistimewaan, mulai dari beberapa spot menarik untuk swafoto, birunya air laut, hamparan pasir putih dan deretan pohon mangrove semakin menambah indahnya pantai ini. 

Ada juga ayunan pohon, gazebo dan yang sungguh menarik adalah jembatan panjang yang menjorok ke laut.

"Jembatan yang memiliki panjang sekitar 400an meter ini menjadi salah satu spot foto paling favorit dari semua tempat yang ada di Pantai Kutang," ungkapnya.

Paduan jembatan dan air laut serta langit yang cerah menambah cantik spot foto untuk pengunjung sambil merasakan sensasi jalan-jalan santai di atas jembatan, berfoto-foto sambil menikmati panorama lautan yang tenang di sebelah utara dan hijaunya hutan mangrove di sebelah selatan. 

 "Tahun ini ada penambahan spot selfi 3 titik. Ada spot tulisan Wisata Pantai Kutang di jembatan dan taman selamat datang di parkiran," terang Ronal. 

Pantai Kutang buka mulai jam 7 pagi hingga jam setengah 6 petang. Saat-saat senja inilah yang banyak dinantikan pengunjung karena spot foto yang kian cantik sambil menunggu sunset jingganya senjakala. 

Dari pinggir pantai, pengunjung juga disuguhkan penampakan batu-batu karang yang ditumbuhi lumut hijau dan pemandangan laut lepas.

Dengan suguhan alam yang luar biasa dan murah meriah tersebut, Pantai Kutang bisa menjadi wisata alternatif saat pandemi. 

Jarak tempuh dari pusat pemerintahan Lamongan ke Pantai Kutang hanya berjarak 60 kilometer.(Hanif Manshuri)

--

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved