Wisata Sumber Sirah, Sumber Mata Air Berlimpah Cocok Untuk Santai Bersama Keluarga

Liburan tahun baru banyak pilihantempat wisata yang menjadi tujuan masyarakat di Kediri. Salah satunya wisata Sumber Sirah

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/ didik mashudi
wisata Sumber Sirah di Desa Kerkep, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri 

 

Suryatravel - Liburan tahun baru banyak pilihan tempat wisata yang menjadi tujuan masyarakat di Kediri. Salah satunya wisata Sumber Sirah di Desa Kerkep, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri.

Tempat wisata yang berjarak hanya 10 Km dari Kota Kediri menjadi tujuan wisata yang cocok untuk bersantai bersama keluarga.

Ada beberapa wahana seperti kolam renang dewasa yang menyatu langsung dengan sumber mata air yang jernih airnya. Ada juga kolam bermain yang cocok untuk mandi dan berenang bersama anak-anak.

Selain itu juga ada arena outbond untuk anak-anak, rumah kelinci dan arena permainan lainnya.

Wisata Sumber Sirah lokasinya teduh karena dikelilingi pepohonan besar berusia ratusan tahun yang rindang. Tak heran pohon yang ada di Sumber Sirah batangnya berdiameter besar.

Usai berkeliling wisatawan juga bisa menikmati kuliner, sejumlah kedai menyediakan beragam menu makanan dan minuman.

Bagi pengunjung yang ingin bersantai sambil  berkaraoke juga disiapkan tempatnya di dua lokasi. 

Beberapa jenis pohon yang ada di Sumber Sirah merupakan pohon yang dapat menyimpan dan melestarikan sumber mata air. 

Di antaranya, pohon Abar, Trembesi, Bendo, Krau, Pule dan Ketepeng. Pepohonan dengan diameter besar telah berusia ratusan tahun sehingga menjaga sumber air tetap lestari sampai sekarang. 

Berkunjung ke Wisata Sumber Sirah juga sangat ramah di kantong karena tiket masuknya hanya Rp 2.000. Untuk parkir sepeda motor Rp 3.000, sepeda ontel Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000.

Lokasi parkirnya juga cukup luas. Ada juga tempat parkir alternatif di pintu masuk yang dapat menampung belasan kendaraan.

Bondan W, Kades Kerkep menjelaskan, wisata Sumber Sirah merupakan tempat wisata sumber air yang telah ada sejak lama. Namun tempat wisata ini secara resmi baru dibuka untuk pengunjung awal 2021.

Untuk melestarikan sumber mata air, pepohonan besar tetap dipelihara supaya lestari. "Pohon-pohon kami pelihara dan dirawat untuk kelangsungan sumber mata air," jelas Bondan.

Mata air Sumber Sirah sendiri selama ini mampu mengairi areal lahan pertanian masyarakat sampai 30 hektar. Meski di musim kemarau sumber air juga tetap stabil.

Wisata Sumber Sirah saat ini telah dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Kerkep.

Saat ini sedang diselesaikan pembangunan kolam renang untuk anak-anak, musholla dan kios warung untuk kerajinan dan oleh-oleh PKK.

"Kami juga menyiapkan pengembangan tempat untuk arena outbound," jelasnya.

Tempat wisata Sumber Sirah juga sering menjadi lokasi gathering komunitas otomotif dan hobi. Beberapa komunitas otomotif yang telah menggelar acara seperti Komunitas Panther dan Civic.

Saat ini wisata Sumber Sirah telah mampu menyerap sekitar 10 pekerja dari masyarakat dan sekitar 10 UMKM Desa Kerkep.(didik mashudi)

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved