Serunya Basah Basahan River Tubing Di Kali Temon Trenggalek, Lokasinya Dekat Alun Alun

di Kabupaten Trenggalek. Mereka memilih berlibur dengan bermain river tubing di Kali Temon Desa Ngares, Kecamatan/Kabupaten Trenggalek.

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/ aflahudin
River tubing Kali Temon di Desa Ngares, Kecamatan/Kabupaten Trenggalek 

 

Suryatravel - Ada banyak cara untuk menikmati libur tahun baru. Salah satunya dengan berwisata alam yang tak jauh dari rumah.

Seperti puluhan warga di sekitaran kota di Kabupaten Trenggalek. Mereka memilih berlibur dengan bermain river tubing di Kali Temon Desa Ngares, Kecamatan/Kabupaten Trenggalek.

Lokasi wisata yang tergolong baru ini hanya berjarak sekitar 5 kilometer (km) dari Alun-Alun Kabupaten Trenggalek.

Di sini, para pengunjung bisa bermain river tubing dengan biaya murah, yakni antara Rp 15 ribu hingga Rp 25 ribu per orang.

Pengunjung sudah bisa mengarungi sungai menaiki ban dengan alat-alat keselamatan plus pemandu dengan rute yang dijelajahi sekitar 500 meter.

Sebagai wisata baru, river tubing Kali Temon juga masih relatif tak terlalu ramai.  Cocok untuk berlibur di tengah pandemi Covid-19, demi menghindari kerumunan yang terlalu.

Agus Muklis, salah satu pengelola wisata Kali Temon, menjelaskan, fasilitas river tubing di Kali Temon baru berjalan sekitar 5 bulan.

"Awalnya wisata di sini sekadar wisata sungai biasa. Sepi. Tapi sekitar lima bulan terakhir, kami kelola sekaligus kami tambah dengan fasilitas river tubing," kata Muklis, Sabtu (1/1/2022).

Ia menjelaskan, aliran sungai kawasan wisata Kali Temon tak terlalu ekstrem. Sehingga cukup aman untuk berwisata river tubing.

Meski begitu, ada beberapa titik kali yang memiliki palung dalam. Sehingga pendampingan dari pemandu wisata wajib ada.

Wisatawan yang tak ingin ber-river tubing pun bisa bermain air di Kali Temon.

Tapi mereka hanya diizinkan bermain di salah satu titik kali yang dangkal. Ketinggiannya saat debit sungai landai hanya sekitar 50 centimeter (cm).

Bagi mereka yang datang bukan untuk bermain river tubing, tak ada tiket masuk yang harus dibayar. "Hanya seikhlasnya saja untuk parkir kendaraan," ungkap Muklis.

Ia menjelaskan, river tubing wisata Kali Temon merupakan wisata yang dibentuk dalam program seratus desa wisata (Sadewa) Pemkab Trenggalek.

Untuk pengembangannya, desa wisata ini didampingi salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Trenggalek, yakni Satpol PP dan Damkar.

Muklis menjelaskan, sejak memiliki fasilitas river tubing, pengunjung wisata Kali Temon terus meningkat.

Pada akhir pekan dan hari libur, jumlah pengunjung wisata ini berkisar antara 100 sampai 150 orang per hari.

Sebagian besar pengunjung adalah warga Kecamatan Trenggalek dan sekitarnya. Masih jarang warga luar kota datang ke tempat tersebut.

Yang juga menarik dari wisata Kali Temon, yakni lokasinya yang berada di area hutan.

Kondisi sekitar sungai cukup rindang dengan pemandangan sawah dan pepohonan. (fla)

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved