Pelni Operasikan 10 Trayek Tol Laut Ke Seluruh Wilayah Nusantara

Pelni mendapat kepercayaan melayani 10 trayek Program Tol Laut berhak atas layanan operasional trayek ke seluruh wilayah nusantara

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/ istimewa
Dua Kapal Motor (KM) Pelni dalam program tol laut diberangkatkan perdana dari Dermaga Jamrud Selatan, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, 

Suryatravel - PT Pelni (Pelayaran Nasional Indonesia-Persero) tahun 2022 ini mendapat kepercayaan untuk melayani 10 trayek Program Tol Laut. BUMN jasa pelayaran ini berhak atas layanan operasional trayek ke seluruh wilayah nusantara. 

Dua Kapal Motor (KM) Pelni diberangkatkan perdana tahun ini dari Dermaga Jamrud Selatan, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Senin (3/1/2022). Kedua kapal trayek tol laut itu adalah KM Logistik Nusantara 3 dan KM Kendagha Nusantara 11.

Hadir dalam Pelepasan Voyage Perdana Kapal Pelni Tahun 2022 itu Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut PT Pelni Yahya Kuncoro dan Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Mugen Suprihatin Sartoto.

Direksi Pelni Yahya menyebut , realisasi muatan tol laut di perusahaannya meningkat dibanding 2020. Kenaikannya mencapai 45 persen sampai akhir tahun. 

"Itu terdiri dari muatan berangkat dan muatan balik. Semoga distribusi barang makin lancar sehingga bisa menekan harga dan komoditas kebutuhan masyarakat," kata Yahya.

 Program tol laut yang digagas Presiden Jokowi akan terus berlanjut. Yahya menyebut bahwa peningkatan muatan balik menunjukkan perkembangan positif. Diharapkan tren pengiriman barang terus meningkat. 

Kondisi Itu menjadi bukti bahwa tol laut ikut meningkatkan perdagangan. Termasuk antusiasma masyarakat di daerah Terluar, Terdepan, dan Tertinggal (3T).

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut (Dirlala) Mugen Suprihatin Sartoto mengatakan bahwa pemerintah terus mendorong agar seluruh Pemerintah Daerah aktif mendukung tol laut. 

Di antaranya perlu adanya pendataan produk unggulan dan tempat pengumpulan barang. “Tol laut terbukti mengatasi disparitas harga. Semua harus bekerja sama meningkatkannya,” kata Mugen.

Dia tak menampik bahwa sebagian pelabuhan memang perlu optimalisasi dalam mendukung program Tol Laut. Untuk itu Kemenhub akan melakukan pendataan. Nantinya ada upaya pembenahan untuk optimalisai pelabuhan dalam mendukung tol laut. (Faiq)

 

 

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved