Pelayaran Long Distance Ferry (LDF) Dari Pelabuhan Jangkar ke Lembar Diresmikan

Operasional kapal di Pelabuhan Jangkar,Situbondo tujuan Lembar, Nusa Tenggara Barat dan Kupang, Nusa Tenggara Timur, diresmikan

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/ istimewa
Pelabuhan Jangkar Situbondo menghubungkan dengan Kepulauan Madura Bali dan Nusa Tenggara 

Suryatravel - Operasional kapal di Pelabuhan Jangkar, Kabupaten Situbondo, dengan tujuan Lembar, Nusa Tenggara Barat dan Kupang, Nusa Tenggara Timur, diresmikan Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi, Senin (10/01/2022).

Peresmian  trayek baru di Pelabuhan Jangkar ke NTT dan NTB dilakukan bersamaan rapat koordinadi secara virtual oleh Menhub, Budi Karya Sumadi yang diikuti oleh Gubernur Jatim, khofifah Indar Parawansa.

"Alhamdulillah, usulan izin pelayaran long distance ferry (LDF) dari Pelabuhan Jangkar ke Lembar, dan Kupang, direspons cepat oleh Ibu Gubernur. Terima kasih Ibu Gubernur dan Pak Menteri Perhubungan," ujar Bupati Situbondo, Karna Suswandi.

Mantan Kadis PUPR Bina Marga dan Pengairan Bondowoso ini menjelaskan,  ada beberapa pertimbangan dermaga gerak Pelabuhan Jangkar dikembangkan untuk trayek pelayaran ke Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Selain mengurangi atau memghemat waktu, dengan melalui penyeberangan Pelabuhan Jangkar, akan cepat mencapai tujuan pelayarannya jika dibandingkan melalui pelabuhan yang ada di Bali.

"Ya hemat waktunya sekitar dua jam," kata Bung Karna Panggilan Bupati Situbondo yang senang blusukan ke desa desa ini.

Dijelaskan, jika melalui pelabuhan Bali ke Lembar, perjalanan pelayaran yang akan ditempuh memakan waktu sekitar 13 jam, akam tetapi melalui pelabuhan Jangkar ke lokasi tujuan hanya dalam waktu 11 jam

"Jadi saya kira dengan melalui Pelabuhan Jangkar sangat efisien, belum lagi kendaraan angkutan barang yang harus melalui jalan tanjakan di hutan Baluran itu juga akan memakan waktu. Tapi kalau lewat Pelabuhan Jangkar aksesnya sangat mudah," jelasnya.

Pengembangan dermaga gerak (movable bridge II) Pelabuhan Jangkar yang diresmikan oleh Gubernur Khofifah beberapa waktu lalu, masih ada yang perlu diperbaiki, yakni pelebaran jalan ke pelabuhan yang membutuhkan dukungan penuh Pemprov Jatim.

Untuk mengimbangi program sarana dari Propinsi, pihak  pemerintah Kabupaten  Situbondo, juga akan menyiapkan lahan parkir di kawasan pelabuhan.

Sementara itu, selama ini ada tiga kapal feri yang melayani penyeberangan rute Pelabuhan Jangkar menuju kepulauan di Madura, yakni KMP Munggiyango Hulalo melayani Rute dari Pelabuhan Jangkar ke Pulau Kangean - Kalianget, dan KMP Satya Kencana dan KMP Dharma Kartika melayani dari Pelabuhan Jangkar ke Pulau Sapudi - Kalianget dan Pulau Raas - Kalianget. (izi)

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved