Siap Sambut Uji Emisi Di Jawa Timur Dealer Mobil Ini Siapkan Alatnya

Uji emisi kendaraan roda dua maupun roda empat mulai dilakukan di Jakarta. Tidak menutup kemungkinan uji emisi ini juga dilakukan di kota lain

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/ wiwit purwanto
Dealer Asco Daihatsu Jemursari suah siap dengan alat uji emisi kendaraam 

Suryatravel – Uji emisi kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat mulai dilakukan di Jakarta. Tidak menutup kemungkinan uji emisi ini juga dilakukan di kota kota lainnya.

Uji emisi salah satu upaya untuk mengetahui kinerja mesin dan tingkat efisiensi pembakaran dalam mesin kendaraan bermotor.

Penerapannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, uji Emisi wajib bagi pemilik kendaraan bermotor. Kewajiban ini tertuang dalam pasal 206 Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Di Surabaya untuk pemeriksaan uji emisi ini sudah dilakukan secara acak oleh Dinas Perhubungan, selain itu beberapa diler besar di Surabaya juga sudah menyiapkan peralatan berikut hasilnya untuk melakukan uji emisi.

Salah satunya adalah di Asco Daihatsu Jemursari yang sudah menyiapka peralatan berikut tim untuk melakukan pemeriksaan uji emisi kendaraan roda empat.

“Kami sudah siapkan peralatan untuk uji emisi biasanya kendaraan dari instansi atau perusahaan yang rutin melakukan uji emisi disini,” kata Sunarno Kepala Bengkel Asco Daihatsu Jemursari, Senin (10/1/2022).

Menurutnya alat untuk uji emisi di empatnya sudah dikalibrasi sehingga akan mendapatkan hasil yang akurat.

Untuk uji emisi kata Sunarno, jika mobil itu sudah rutin perawatan berkala maka tidak ada masalah dalam uji emisi. “Artinya kalau perawatan berkala atau rutin maka hasilnya akan sesuai dengan aturan yang ditentukan dalam uji emisi,” ujarnya

Beda lagi dengan mobil yang sudah berusia tua tahun pembuatannya atau mbil yang jarang diservis, pihaknya menyarankan untuk melakukan servise atau tune up lebih dulu untuk mendapatkan uji emisi dengan baik.

Tidak membutuhkan waktu lama dalam uji emisi, pemeriksaan uji emisi berikut hasilnya bisa ditunggu dalam waktu tidak lebih dari 30 menit.

Sebagai contoh di aturan yang sudah ada , mobil dengan bahan bakar bensin produksi di bawah 2007 wajib punya kadar CO2 di bawah 3 persen sementara produksi di atas tahun 2007 kadar CO2 tidak lebih dari 1,5 persen.

Untuk motor roda dua dibawah Tahun 2010 harus punya kadar HC tidak lebih dari 12.000 ppm. Motor empat tak wajib memiliki kadar HC 2.400 ppm. Khusus motor 2 dan 4 tak produksi di atas 2010 wajib punya CO2 maksimal 4,5 persen dan HC 2.000 ppm.

Mobil dengan bahan bakar diesel produksi di atas 2010 wajib punya kadar opasitas 40 persen, sementara di bawah 2010 wajib punya kadar opasitas tidak lebih dari 50 persen.

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved