Wisata Gua Jegles Kediri Pikat Banyak Wisatawan Pemkab Akan Perbaiki Akses Ke Lokasi

Wisata Gua Jegles di Desa Keling Kecamatan Kepung, Kediri, makin banyak dikunjungi  wisatawan.

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/ farid
Gua Jegles Kediri kini banyak dikunjungi wisatawan 

 

Suryatravel – Wisata Gua Jegles di Desa Keling Kecamatan Kepung, Kediri, makin banyak dikunjungi  wisatawan. Termasuk pula Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana yang mengunjungi destinasi tersebut, Kamis (13/1/2022).

Sebelumnya Gua Jegles hanya sebuah tempat yang tak terpakai dan tak terawat. Bahkan sebelumnya lokasi ini dikenal masyarakat sekitar sebagai tempat yang mistis dan angker.

Selain itu Gua Jegles dikenal sebagai salah satu tempat bersejarah dimana diketahui banyak tentara PKI yang memanfaatkan sebagai lokasi persembunyian.

Namun saat ini Gua Jegles sudah berubah dibawah tangan dingin Kades Keling dan warga sekitar. 

Gua yang nampak angker, mistis dan tak dirawat  berubah menjadi lokasi indah dan Instagramabel.

Dalam Gua Jegles juga terpancar mata air jernih sumber asli dari tanah. Sehingga menambah suasana sejuk dan alami ketika masuk dalam Goa Jegles.

Dengan keindahan yang cantik di dalam gua, membuat Mas Dhito Bupati Kediri tertarik untuk datang dan meninjau langsung.

Usai berkunjung pihaknya akan mengsupport penuh pengembangan Gua Jegles.

"Kita akan melakukan pavingisasi atau perbaikan jalan. Karena itu berkaitan dengan aksesibilitas jalan. Wisatawan itu pasti akan males balik, kalau jalannya tidak bagus," ujar Bupati Kediri.

Baca juga: Melihat Indahnya Panorama Alam Yang Hijau Dari Atas Wisata Bukit Gandrung Kediri

Menurut Mas Dhito sejauh ini wisata kawasan Gua Jegles masih belum dibuka secara resmi. Karena masih dalam tahapan pembangunan. 

Namun karena tempat ini sudah terlanjur viral di Media Sosial, maka pihak Pemerintah Desa membuka secara terbatas. Dan hanya menerapkan tarif masuk secara sukarela.

"Belum dibuka ini, yang punya tempat masih menata dan ada sejumlah konsep yang akan diselesaikan dulu. Sambil menunggu kasus Covid-19 mulai mereda lagi," ungkap Mas Dhito.

Sementara itu Rofi'i Lukman, Kepala Desa Keling Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri menyampaikak jika Wisata Gua Jegles, juga menawarkan paket wisata lain seperti rafting, yang terletak di depan gua.

"Kalau mau digali lagi disini masih ada beberapa gua lain yang sengaja belum dikelola. Contohnya ada gua sumber, gua lowo, gua arung, dan beberapa gua lain yang salah satunya diduga sebagai saluran air kuno pada zaman kerajaan Majapahit," paparnya.

Rofi'i Lukman juga menegaskan jika Gua Jegles masih belum dibuka secara resmi oleh pihak pemerintah desa. Farid

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved