Poles Lahan Bekas Tambang Gunung Ringgit Jadi Tempat Wisata

potensi sumber daya alam (SDA) di Gunung Ringgit, di Desa Suci dan Pongangan Kecamatan Manyar merupakan potensi pariwisata yang luar biasa

Editor: Wiwit Purwanto
surya/Willy Abraham
Desa wisata Sekapuk, Gresik dengan wisata andalan bukit Setigi 

Suryatravel – Potensi wisata di lahan bekas tambang Gunung Ringgit Gresik kini mulai dipoles untuk dijadikan tempat wisata.

Menandai ini Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Baju putih) saat menanam pohon penghijauan di lahan bekas tambang Gunung Ringgit, Desa Suci Kecamatan Manyar. Rencananya, lahan tersebut akan digunakan tempat pariwisata alam, Senin (17/1/2022). 

Untuk mengembangkan ini masyarakat Desa Suci dan Pongangan, Kecamatan Manyar ingin menata lahan bekas tambang menjadi tempat pariwisata Desa.

Kegiatan ini juga melibatkan pemerhati pariwisata yang tergabung dalam Astana Mitra Pariwisata (Asmipa). 

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Asmipa, Umi Kulsum mengatakan, pengembangan pariwisata Desa sangat bagus untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan menjaga kelestarian lingkungan. 

Dari potensi sumber daya alam (SDA) di Gunung Ringgit, di Desa Suci dan Pongangan Kecamatan Manyar merupakan potensi pariwisata yang luar biasa.

Sebab, lahannya luas, berada di tengah kota dan sehingga pengunjung dari daerah lain bisa menikmati keindahan Gunung Ringgit yang telah banyak dijadikan galian. 

“Pemandangan bekas galian dan tumbuhan yang ada ini sudah sangat bagus untuk menjadi tempat pariwisata masyarakat Gresik dan sekitarnya,” kata Umi Kulsum, yang akrab disapa Bunda Shofi.

Sementara, saat ini di lahan bekas tambang Gunung Ringgit, masih terlihat kurang tertata rapi. Baik akses jalannya, tempat parkirnya dan tempat toilet umumnya. 

“Saat ini, masih banyak kekurangan infrastruktur. Seperti area parkir, akses jalan dan lainnya. Semoga, atas kerja keras pihak Desa dan Pemkab Gresik akan menjadi tempat pariwisata yang terkenal,” imbuhnya.

Baca juga: Bekas Tambang Tua Di Gresik Ini, Sekarang jadi Tempat Wisata Bukit Kapur Setigi, Gratis

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) mengatakan, saat ini Pemerintahan Desa harus cerdas membaca peluang, potensi dan pendapatan. 

Sebab, saat ini banyak desa-desa yang mempunyai destinasi wisata Desa. Dari Gresik Utara sampai ke Gresik Selatan, yaitu di Menganti.  Bagaimana mendorong desanya bisa mempunyai wisata. 

“Dengan kemandirian dan memberikan manfaat untuk masyarakat desa. Sehingga ini harus dimulai dari seluruh masyarakat dan berani berproses. Seperti di Setigi. Masyarakatnya iuran dan sekarang menjadi Desa Miliarder,” kata Gus Yani. 

Atas upaya masyarakat Desa Suci dan Pongangan Kecamatan Manyar yang ingin mengembangkan tempat pariwisata, Gus Yani berharap agar Pemerintahan Desa kerja keras, fokus dan kreatif, sehingga cita-cita bersama mempunyai tempat pariwisata dapat terwujud. 

“Kami di Pemerintahan terus mendoakan, mudah-mudahan Desa Suci mempunyai destinasi wisata desa. Harus ekstra kerja keras untuk mewujudkan, agar seperti desa-desa lain,” imbuhnya. Sugiyono

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved