“Ngadem” Camping  Menikmati Keindahan Alam Gunung Welirang Dari Bukit Krapyak Mojokerto

Pemandangan sunset yang menakjubkan dan sunrise indah di pagi hari akan menghampiri ketika camping di Bukit Krapyak

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/ istimewa
Menikmati malam saat camping di Bukit Krapyak Mojokerto 

Suryatravel – Melepas penat dari rutinitas sehari hari dengan camping cukup seru dan menyenangkan. Di Kabupaten Mojokerto banyak destinasi wisata alam yang menarik bagi wisatawan untuk camping.

Salah satunya adalah menikmati keindahan kaki Gunung Welirang. Sebut saja Bukit Krapyak, lokasi wisata dengan suguhan suasana pegunungan ini bisa menjadi spot camping seru.

Begitu datang di bukit ini, wisatawan akan disambut hawa dingin sekaligus pemandangan alam yang masih asri. Pemandangan sunset yang menakjubkan dan sunrise indah di pagi hari akan menghampiri ketika camping di Bukit Krapyak.

Ada camping ground di area bukit. Sering kali camping ground ini dimanfaatkan untuk para komunitas maupun wisatawan perorangan yang melakukan kegiatan outdor.

Tempat ini bahkan hampir setiap hari tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi saat weekend, area bukit penuh jajaran tenda.

Bukit yang terletak di Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto menawarkan suasana pegunungan. Letaknya tepat di lereng Gunung Welirang.

Suhu dingin khas pegunungan dan dikelilingi rimbunnya pepohonan yang asri, membuat wisatawan betah untuk beraktivitas maupun melepas penat di area bukit krapyak.

Wisatawan bisa bersantai di tenda, memanfaatkan pepohonan pinus khas pegunungan menjadi spot ayunan atau hammock atau ngobrol santai sembari memandang megahnya puncak Gunung Welirang.

Selain suasana gunung, sunrise dan sunset, keindahan sisi timur bukit juga ditumbuhi berbagai macam bunga. Pemandangan malamnya pun tidak kalah memukai.

Wisatawan bisa melihat lampu-lampu pemukiman warga dari ketinggian bak bintang-bintang yang bertaburan.

Bukit ini juga sangat cocok untuk dijelajahi oleh para pendaki pemula hingga wisata keluarga, karena akses ke lokasi dan kondisi medan tracking menuju puncak bukit tidak begitu sulit.

Lokasi camping ground  Bukit Krapyak cukup mudah dijangkau oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, Kawasan ini juga berdekatan dengan pemandian air panas Ubalan Pacet. Salah satu wisata air panas yang cukup terkenal di Mojokerto.

Perjalanan dari Kota Mojokerto dapat ditempuh sekitar 30 menit, dan dari Surabaya sekitar satu hingga dua jam.

Namun kemudahan akses bagi para pengunjung hanya sampai parkiran saja, selanjutnya pengunjung harus berjalan kaki sekitar 300 meter atau 30 menit dari parkiran menuju pintu masuk Bukit Krapyak.

Untuk mencapai puncak Bukit Krapyak, pengunjung harus berjuang sedikit keras. Ada lebih dari 500 anak tangga yang harus didaki. Kondisinya akan sedikit licin jika musim hujan. Namun di antara anak tangga sudah disiapkan pegangan buat para pengunjung.

Panorama alam Gunung Welirang dari Bukit Krapyak Mojokerto
Panorama alam Gunung Welirang dari Bukit Krapyak Mojokerto (suryatravel/ istimewa)

Ditengah mendaki menuju bukit krapyak para pengunjung juga disajikan pemandangan alam kaki gunung Welirang yang eksotis, serta pengunjung juga dapat melihat pemukiman di Kabupaten Mojokerto dari atas ketinggian kurang lebih 1050 Mdpl.

Jika berencana wisata bareng keluarga, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Selain kondisi cuaca, alangkah baiknya melengkapi logistik atau makanan pribadi.

 Apalagi di Kawasan Bukit Krapyak tidak menyediakan perlengkapa camping, sehingga harus membawa perbekalan sendiri.

"Untuk Kawasan camping ground sangat worth it, tempatnya luas. Kalau ke sini cuaca cerah pemandangannya luar biasa. Kelihatan puncak Gunung Welirang," kata Maulana, pengunjung Bukit Krapyak.

Untuk menikmati keindahan dari Bukit Krapyak, dikenakan biaya parkir 10 ribu. Kemudian di pintu masuk kita akan dimintai identitas serta membayar biaya masuk per orang 10 ribu yang sudah termasuk bermalam dengan mendirikan tenda atau camping.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved