Destinasi Wisata Air, Pemkot Surabaya Kerjasama dengan BBWS Brantas

pengembangan wisata air, Sungai Kalimas akan dilengkapi beberapa fasilitas penunjang. Diantaranya ada perahu, tempat bermain untuk anak-anak,

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/ istimewa
Wisata air di Sungai Kalimas kini dikembangkan Pemkot Surabaya dengan menggandeng sejumlah pihak.  

Suryatravel - Satu lagi destinasi wisata di Surabaya yang akan dikembangkan Pemkot Surabaya kerjasama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas Jawa Timur adalah mengembangkan sungai Kalimas sebagai tempat wisata air. 

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi pun bertemu Kepala BBWS Brantas Jatim Haeruddin C Maddi, Senin (14/2/2022). "Insya Allah, kami akan berkolaborasi," kata Cak Eri, Senin (14/2/2022). 

Dalam pertemuan ini, ada sejumlah poin kerjasama. Di antaranya, penataan sungai Kalimas untuk wisata air dan penanganan banjir di Kota Pahlawan. 

"Bukan hanya menata sungai Kalimas sebagai tempat wisata air, kami juga berkolaborasi bagaimana mengatasi banjir di Surabaya," katanya. 

Dalam pengembangan wisata air, Sungai Kalimas akan dilengkapi beberapa fasilitas penunjang. Diantaranya ada perahu, tempat bermain untuk anak-anak, dan lain sebagainya. 

"Kami mulai waktu dekat sebagai  kejutan untuk warga Surabaya. Saya ingin menunjukkan keindahan kota ini dengan sungainya," ujar Wali Kota Eri. 

Di sisi lain, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas Jatim Haeruddin C Maddi menyambut baik rencana kolaborasi ini. Pihaknya siap membantu merestorasi sungai di Kota Surabaya. 

Sebelum menata wisata air, pihaknya terlebih dahulu melakukan pengendalian banjir di Kota Surabaya.

"Kira-kira, nanti Kalimas itu kita restorasi untuk wisata, ada jogging track-nya, ada ruang terbuka hijau (RTH) juga. Pada intinya nanti dipercantik," jelas Haeruddin. 

Senada dengan Eri, Haeruddin masih belum bisa memastikan waktu pelaksanaan penataan sungai Kalimas ini. Saat ini ia masih fokus menyelesaikan permasalahan banjir terlebih dahulu. 

"Penataan ini bukan hanya tugas BBWS Brantas, nanti kita kolaborasikan jadi satu, bersama Pemkot Surabaya. Kami menyambut baik, karena saya punya obsesi yang sama dengan Pak Wali, saya terkesan dengan idenya," katanya. 

Wisata air Kalimas bukan lah hal baru di Surabaya. Saat ini, Wisata Perahu Kalimas Surabaya berlokasi di Taman Prestasi. Dengan kuota 12 orang selama 30 menit, pengunjung hanya dikenakan biaya tiket sebesar Rp4000 saja.

Rencana menggandeng pihak ketiga bukan kali ini saja digagas. Sebelumnya, Pemkot juga berencana membangun wisata air di Kalimas dengan menggandeng pihak ketiga, yakni Pelindo III sejak pertengahan tahun lalu. 

Kolaborasi dengan Pelindo III juga bisa dirangkai dengan wisata kapal cruise (pesiar). Biasanya, banyak kapal pesiar yang sering bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak. wisata kapal cruise (pesiar). 

Sehingga, wisatawan yang datang dapat berkeliling menikmati wisata air, kota lama, hingga heritage secara sekaligus. Kehadiran wisatawan diharapkan juga bisa membawa efek ikutan positif. (bob) 

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved