Gurih Renyah Opak Gambir Kota Kediri Jajanan Jaduk Bertahan Di Tengah Jajanan Modern

opak gambir kediri Jajanan tradisional ini terbuat dari tepung, gula dan telur biasa dijadikan oleh-oleh maupun cemilan saat hari besar keagamaan

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/ didik mashudi
Opak Gambir Kediri oleh oleh khas cemilan jadul yang tak kalah dengan jajanan moderen 

 

Suryatravel - Salah satu jajanan tradisional yang masih tetap bertahan di tengah banyaknya jajanan modern satu diantaranya Egg Roll atau Opak Gambir.

Jajanan tradisional ini terbuat dari tepung, gula dan telur biasa dijadikan oleh-oleh maupun cemilan saat hari besar keagamaan. 

Salah satu pembuat Opak Gambir di Kota Kediri yang masih eksis sampai sekarang adalah Bu Siti warga Lingkungan Kedung Sentul, Kelurahan Bujel, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri.

Untuk membuat Opak Gambir, Bu Siti masih mempertahankan cara tradisional. Adonan opak gambir dituang ke dalam cetakan yang dibuat sendiri lalu dibolak-balik agar matang secara merata. 

Setelah adonan matang namun tidak boleh sampai keras, kemudian digulung secara manual menggunakan tangan.

Uniknya, cara memasak masih menggunakan arang sehingga menambah sedap rasa dari opak gambir buatan warga Kota Kediri.

Menurut Bu Siti, membuat Opak Gambir memang membutuhkan waktu dan perjuangan yang besar sehingga hasil Opak Gambir terasa enak juga sangat renyah. 

Setiap hari Bu Siti dapat memproduksi sekitar 7 kg Opak Gambir. Pembuatan Opak Gambir dilakukan mulai Subuh hingga siang sekitar pukul 11.30 WIB. Harga jajanan ini juga sangat terjangkau Rp 40.000 per kg.

Opak gambir buatan Bu Siti bisa dipesan sesuai dengan selera pesanan para pembeli. Pembeli biasanya memesan dalam jumlah besar untuk dijual kembali atau dibuat cemilan sendiri. 

Biasanya pesanan terbanyak menjelang Hari Raya Idul Fitri. Untuk memenuhi pesanan itu opak gambir  untuk Lebaran sudah mulai dibuat sekarang. Karena opak gambir merupakan jajanan kering yang dapat bertahan lama. 

“Sudah ada yang pesan opak gambir  untuk Idul Fitri. Jumlahnya kurang lebih satu kwintal opak gambir, makanya  mulai dibuat sekarang,” jelas Bu Siti, Selasa (15/2/2022). (didik mashudi)

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved