Sego Langgi, Kuliner Khas Sendang Duwur Paciran, Tersaji Hanya Saat Nisfu Sya'ban 

Sego Langgi kuliner khas ini hanya ada saat Nisfu Sya’ban di Desa Sendang Duwur, Paciran. Dan Sego Langgi ini tidak bisa ditemukan setiap saat

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/ hanif manshuri
Sego Langgi, kulinen khas di Sendang Duwur Paciran hanya ditemui pada malam 15 Nisfu Sya'ban 

 

Suryatravel – Ada yang khas dan menarik saat Nisfu Sya’ban kamarin di Lamongan ada tradisi makan bersama dengan menu Sego Langgi.

Kuliner khas ini hanya ada saat Nisfu Sya’ban di Desa Sendang Duwur, Kecamatan Paciran. Dan Sego Langgi ini tidak bisa ditemukan setiap saat. Sego langgi hanya bisa ditemukan satu tahun sekali, yaitu pada malam 15 nisfu sya'ban.

Sego Langgi adalah salah satu kuliner khas Sendang Duwur yang menjadi salah satu sajian khas yang melekat dengan tradisi masyarakat Sendang Duwur, yaitu tradisi makan Sego Langgi. 

Adat  ini berlaku pada malam 14 nisfu sya'ban dimana Sego Langgi ini dimakan secara bersama-sama warga.

"Malam 15 Nisfu Sya'ban menjadi momentum yang selalu ditunggu oleh masyarakat desa Sendang Duwur dan desa Sendangagung. karena, pada bulan inilah sebuah tradisi dilaksanakan secara serentak oleh seluruh lapisan masyarakat Desa Sendang," kata Kabid Kebudayaan Disparbud Lamongan,  Miftah Alamuddin ,Sabtu  (19/3/2022).

Makan sego langgi, menurut Udin merupakan tradisi penguatan sistem sosial masyarakat Sendang yang sudah ada sejak masa Sunan Sendang. 

Sego Langgi, juga salah satu menu masakan yang digemari oleh Sunan Sendang. Sebelum bersama-sama makan sego langgi, diawali  menggelar acara doa bersama," ungkapnya.

Apa itu ego langgi ?, menurut Udin, adalah sajian nasi yang dikombinasikan sayur-sayuran dimana porsi sayuran yang lebih banyak dibandingkan dengan nasinya. 

Sego langgi terbuat dari nasi putih yang dicampur dengan sambal kelapa dan sayur sayuran hijau seperti daun singkong, daun papaya dan jenis sayuran lain. "Sayuran ini sebelumnya sudah direbus kemudian dicampur," ungkapnya.

Biasanya, sego langgi ini dimakan dengan menggunakan ikan asin atau ikan yang digoreng. Untuk komposisi masakan yang ada pada sego langgi,  mulai dari nasi, parutan kelapa yang diberi bumbu khusus dan lebih memperbanyak sayuran dari pada nasinya. 

"Ada tujuh macam sayuran jenis daun sebagai lambang do'a bil isyarah "Pitulung", yaitu memohon pertolongan Allah ," ungkap Udin. 

Sego Langgi biasanya disajikan dalam satu nampan besar untuk kemudian dimakan secara bersama-sama. Seluruh warga desa yang berkumpul untuk makan bersama sego langgi ini. (Hanif Manshuri)

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved