Makanan Sehat Saat Buka Puasa, Hindari Konsumsi Santan Dan Minyak Berlebihan

memasak bersama makanan dan minuman sehat yang digelar Adi Husada Cancer Center (AHCC), bersama Chef Lindawati Turnip, head chef dari Fiber Creme

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel / ahmad zaimul haq
Resep memasak makanan dan minuman sehat dan nikmat untuk buka puasa dan makan sahur menjadi hits dikalangan ibu rumah tangga 

Suryatravel - Memasak yang sehat dan nikmat saat puasa, menjadi bahan obrolan  penting bagi sebagian besar ibu rumah tangga dalam menyiapkan hidangan saat Bulan Ramadan.

Selain itu resep memasak makanan dan minuman sehat dan nikmat untuk berbuka puasa dan makan sahur juga menjadi hits dikalangan ibu rumah tangga.

Seperti terungkap dalam memasak bersama makanan dan minuman sehat yang digelar Adi Husada Cancer Center (AHCC), bersama Chef Lindawati Turnip, head chef dari Fiber Creme dan dr Lulus Handayani  SpRad. SpOnkRad (K).

Pada sesi memasak, Chef Lindawati mengajak peserta untuk membuat resep masakan Opor Ayam tanpa santan dan Puding gula merah tanpa susu dan creamy es kunyit yang segar.

Dan dilanjutkan dengan obrolan kesehatan tentang mitos dan fakta makanan penyebab kanker.

“Santan itu adalah lemak yang dibutuhkan oleh tubuh dan jangan takut mengonsumsinya, asal tidak berlebihan,” kata dr Lulus handayani, Rabu (30/3/2022).

 Demikian juga dengan minyak goreng yang kerap selalu ada di menu masakan. Untuk minyak goreng kata dr Lulus juga dibutuhkan tubuh, dengan catatan minyak yang dibuat untuk menggoreng itu tidak lebih dari 2 kali pemakaian.

“Karena kalau sudah dipakai berkali kali justru membahayakan bagi tubuh karena sulit diserap dan sulit juga diurai, justru akan menumpuk dan akan menjadi penyakit,” lanjutnya.

Untuk memasak sekarang ini juga sudah banyak bahan pengganti santan, seperti fiber sebagai pengganti santan yang dibuat dari tapioka. “Fiber lebih baik sebagai pengganti santan, fiber ini asalnya dari tapioka dan ada seratnya,” tukas dr Lulus.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved