Syarat Terbaru Penumpang Pesawat, Wajib Tes Antigen Bagi Yang Baru Vaksin Dosis Kedua

PT Angkasa Pura I  atau AP I (Persero) resmi memberlakukan syarat penerbangan rute domestik mulai Selasa (5/4/2022)

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
ist
ilustrasi pesawat Citilink 

Suryatravel - PT Angkasa Pura I  atau AP I (Persero) resmi memberlakukan syarat penerbangan rute domestik mulai Selasa (5/4/2022).

Syarat tersebut sesuai Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 36 Tahun 2022, tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Covid-19.

Adapun salah satu syarat dalam SE itu terkait wajib tes antigen bagi PPDN yang baru divaksinasi Covid-19 sebanyak dua dosis.

Aturan lainnya dalam SE Kemenhub Nomor 36 tahun 2022, yaitu:

1. Pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) yang telah divaksinasi dosis ketiga (booster) tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau tes rapid Antigen.

2. PPDN yang telah divaksinasi dosis kedua wajib menunjukkan hasil negatif tes Antigen yang diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam, atau hasil negatif tes PCR yang diambil 3 x 24 jam sebelum keberangkatan, sebagai syarat perjalanan.

3. PPDN yang telah divaksinasi dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR yang diambil dalam waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan, sebagai syarat perjalanan

4. PPDN dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan tidak bisa menerima vaksin, wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR yang diambil dalam waktu maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan, dan wajib melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

5. PPDN berusia dibawah enam tahun dikecualikan dari ketentuan vaksinasi, dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif RT-PCR atau tes rapid Antigen, namun wajib melakukan perjalanan dengan pendamping yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved