Pemkab Jember Bakal Uji Coba Gratis Masuk ke Pantai Watu Ulo dan Tanjung Papuma

Pemkab Jember bakal menggratiskan biaya tiket masuk dua tempat wisata di Jember, yakni Pantai Watu Ulo dan Tanjung Pasir Putih Malikan (Papuma).

Editor: Wiwit Purwanto
Suryatravel/Wiwit purwanto
Ombak yang sedang di Pantai Papuma Jember 

Suryatravel - kabar gembira bagi wisatawan, Pemkab Jember bakal menggratiskan biaya tiket masuk dua tempat wisata di Jember, yakni Pantai Watu Ulo dan Tanjung Pasir Putih Malikan (Papuma).

Penggratisan tiket masuk itu akan dilakukan dalam uji coba gratis masuk wisata Pantai Watu Ulo dan Tanjung Papuma 4 Mei - 4 Juni 2022.

Untuk menyiapkan pelaksanaan uji coba gratis masuk wisata tersebut, Pemkab Jember menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah pihak di Pendapa Wahyawibawagraha, Jember, Kamis (14/4/2022).

Pihak yang mengikuti rapat antara lain Perhutani, Dinas Pariwisata, kepolisian, TNI, juga Dinas Perhubungan Pemkab Jember.

Perhutani menjadi pihak penting dalam rencana kerjasama penggratisan tiket masuk tersebut, karena pengelola Tanjung Papuma adalah Perhutani melalui Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Perhutani Divisi Regional Jawa Timur.

Sedangkan pengelolaan Pantai Watu Ulo dilakukan oleh Pemkab Jember.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jember Mirfano menuturkan, Pemkab Jember mengambil kebijakan tersebut untuk menghapus image mahalnya tiket masuk ke Pantai Watu Ulo dan Papuma.

"Selama ini ada persepsi di masyarakat jika tiket masuk ke Watu Ulo dan Papuma itu termahal di Jawa Timur-lah, kita mau hapus image itu dengan cara uji coba gratis masuk wisata ke dua tempat wisata itu selama dua bulan," ujar Mirfano usai rapat koordinasi, Kamis (14/4/2022).

Uji coba gratis masuk tersebut, tegas Mirfano, bukan sekadar uji coba. Selama satu bulan penerapan gratis masuk, pihaknya bakal menghitung dan melakukan survei.

"Selama sebulan itu, kami akan menghitung, mengkalkulasi, melakukan survei dan kajian potensi dari dua tempat wisata ini," imbuh Mirfano.

Survei dan kajian yang bakal dilakukan antara lain terkait jumlah pengunjung, perputaran ekonomi dari sektor parkir, juga pelaku usaha, serta beberapa dampak lain.

Kepala Divisi Regional Perhutani Jawa Timur Karuniawan Purwanto Sanjaya menegaskan, secara prinsipnya pihaknya mendukung rencana uji coba gratis masuk ke dua tempat wisata, satu di antaranya Tanjung Papuma.

"Kami mendukung program Pemkab Jember ini. Namun tentunya empat syarat, terutama keamanan dan kesehatan harus benar-benar dilaksanakan," ujar Karuniawan.

Tanjung Papuma, dan Pantai Watu Ulo merupakan dua tempat wisata ikon Kabupaten Jember. Berada di pesisir selatan Jember, dua pantai ini terletak bersisian.

Pantai Watu Ulo berada di Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu, sedangkan Tanjung Papuma secara administratif masuk Kecamatan Wuluhan.

Namun pintu masuk dua tempat wisata itu sama, berada di Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu. Bahkan, dulu ketika Perhutani belum membuka jalan menuju Papuma secara terpisah, pintu masuk ke Papuma harus melewati pintu masuk Watu Ulo.

Di dua pintu masuk, yakni Watu Ulo dan Papuma, pengunjung harus membayar tiket masuk, meskipun pengunjung tidak berwisata ke Watu Ulo, namun hanya ke Papuma. Hal inilah yang kerap dikeluhkan wisatawan. Belum lagi, tiket masuk ke Tanjung Papuma yang dinilai mahal bagi sejumlah wisatawan.

Tiket masuk ke Papuma saat hari kerja adalah Rp 18.000 per orang, dan ketika hari libur menjadi Rp 25.000 per orang. Sri Wahyunik

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved