Jika Takut Naik Pesawat, Pilih Jadwal Penerbangan Pagi Hari

naik pesawat, dianjurkan memilih jadwal penerbangan pagi. Hal ini lantaran udara berubah sepanjang hari, serta penerbangan bisa terasa lebih hangat

Editor: Wiwit Purwanto
ist
ilustrasi pesawat Citilink 

Suryatravel - Naik pesawat bisa menjadi kegiatan yang menakutkan bagi beberapa orang. Ada sejumlah penyebab dari rasa takut akan terbang. Di antaranya pengalaman buruk ketika naik pesawat, kecemasan, dan turbulensi.

Melansir Kompas.Com, konsultan Penerbangan Briscoe Group, Richard Gonzales, menjelaskan  arti sederhana dari turbulensi adalah rough air, atau pergerakan udara yang tidak teratur dalam penerbangan.

Adapun penyebab turbulensi juga bergantung terhadap sejumlah faktor, mulai dari suhu, arah tiupan angin, hingga ada sesuatu yang mengganggu aliran udara, dikutip dari Reader's Digest.

Bila saat terbang takut akan adanya turbulensi selama naik pesawat, maka bisa mencoba memilih penerbangan pada waktu tertentu guna meminimalisasi turbulensi tersebut.

Tapi jika terpaksa harus naik pesawat, dianjurkan memilih jadwal penerbangan pagi. Hal ini lantaran udara berubah sepanjang hari, serta penerbangan bisa terasa lebih besar  pada sore hari akibat udara yang hangat. 

Selain itu, kemungkinan terjadinya badai petir akan lebih besar pada sore hari ketimbang pagi hari.  "Jika Anda takut terbang, pesan penerbangan pagi hari. Pemanasan yang terjadi di darat kemudian bisa menyebabkan udara yang lebih tidak teratur (bumpy air)," kata seorang pilot, Jerry Johnson, dilansir dari The Sun.

Seorang pilot lain bernama Harrison Murray menganjurkan penumpang yang takut terbang untuk memilih tempat duduk di dekat lorong. Sehingga, bila rasa panik datang, mereka bisa lebih leluasa bergerak.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved