Mudik Gratis 25 BUMN Kolaborasi Sediakan 510 Bus dan 24 Kereta Api

Mudik Aman Mudik Sehat bersama BUMN 2022”, kolaborasi BUMN ini akan menyediakan 510 bus dan 24 Kereta Api yang akan akomodir 40 ribu pemudik

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/istimewa
Mudik Aman Mudik Sehat Bareng BUMN 2022 ini sebagai upaya agar masyarakat dipastikan aman dalam perjalanan dan tetap sehat saat bertemu keluarganya di daerah 

Suryatravel – Sebanyak 25 BUMN akan berpartisipasi dalam mudik gratis BUMN. Pada mudik gratis Lebaran 2022 kali ini PT Jasa Raharja ditunjuk sebagai koordinator.

Mengusung “Mudik Aman Mudik Sehat bersama BUMN 2022”, kolaborasi BUMN ini akan menyediakan 510 bus dan 24 Kereta Api yang akan memberangkatkan kurang lebih 40 ribu pemudik.

Jasa Raharja sendiri sebagai koordinator akan memberangkatkan total 20 ribu pemudik dimana 5 ribu pemudik menggunakan bus dan 15 ribu pemudik dengan 24 kereta api.

Dalam konferensi pers Edi Eko Cahyono Asisten Deputi Bidang TJSL Kementerian BUMN mengatakan “ Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022” merupakan bentuk mudik yang aman, bertanggung jawab, dan sehat.

Aman karena mengalihkan puluhan ribu pengguna kendaraan terutama sepeda motor, ke moda transportasi umum seperti bus dan kereta api, yang nyaman dan memenuhi standar keselamatan transportasi.

Sehat karena para pemudik telah melengkapi diri mereka masing-masing dengan Vaksinasi Covid-19 dosis 1 dan 2 serta Vaksin Booster.

Rivan A Purwantono Direktur Utama PT Jasa Raharja dalam kesempatan yang sama menjelaskan, berdasarkan survey yang dilakukan Kementerian Perhubungan RI pada Lebaran tahun 2022 ini ada potensi peningkatan mobilitas masyarakat mencapai 85 juta orang dengan 40 juta di antaranya menggunakan kendaraan pribadi.

“Mudik Aman Mudik Sehat Bareng BUMN 2022 ini sebagai upaya agar masyarakat dipastikan aman dalam perjalanan dan tetap sehat saat bertemu keluarganya di daerah,” katanya, Kamis (21/4/2022).

Rivan menambahkan mudik gratis ini mengikuti anjuran pemerintah, yakni warga harus divaksin lengkap dan booster.

“Bagi pemudik yang belum mendapatkan vaksinasi booster, Jasa Raharja melalui kolaborasi BUMN menyediakan gerai vaksinasi di lokasi pengambilan seragam peserta mudik. Selain vaksinasi, syarat lainnya yang harus dipenuhi pemudik yakni memiliki sepeda motor dan SIM C,” paparnya.

Yang perlu diperhatikan pada mudik gratis kali ini, 1 orang pendaftar dibolehkan mengajak maksimal 4 orang dewasa (3 tahun ke atas), pendaftar dan calon peserta wajib memiliki hubungan keluarga (dibuktikan dengan KK, surat nikah, atau akta lahir), dan satu orang pendaftar hanya boleh terdaftar 1 kali.

Pada penyelenggaraan mudik gratis tahun ini seluruh proses pendaftaran sampai dengan verifikasi dilakukan secara online.

Masyarakat melakukan pendaftaran melalui aplikasi dan juga website resmi BUMN penyelenggara.

Demikian juga saat proses verifikasi tiket baik bus dan kereta api semua melalui aplikasi sehingga tetap sesuai standar protokol kesehatan.

Selain menyiapkan mudik gratis bersama Instansi terkait Jasa Raharja melakukan pengecekan survey jalur mudik.

Selain itu juga pengecekan fasilitas publik seperti terminal, rest area serta uji kelayakan dari moda transportasi seperti bus.

“Kami juga mensiagakan 2 ribu personel di seluruh Indonesia, Supporting Pos Pelayanan Kesehatan terpadu 60 lokasi, penyediaan 60 unit mobil unit keselamatan lalu lintas, pos pelayanan rest area 12 lokasi serta 5 ribu rambu pengingat dan distribusi 6 ribu sarana keselamatan, hal ini sebagai langkah nyata kita untuk memastikan mudik tahun ini berjalan dengan lancar aman dan sehat” tutup Rivan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved