Mudik dan Balik Bawa Sepeda Motor Gratis Diangkut Dengan Kapal Laut.Berikut Jadwalnya

warga Surabaya dan Semarang, untuk memanfaatkan program arus balik Lebaran bagi pengendara sepeda motor naik kapal laut gratis.

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
zoom-inlihat foto Mudik dan Balik Bawa Sepeda Motor Gratis Diangkut Dengan Kapal Laut.Berikut Jadwalnya
suryatravel/istimewa
Bagi pemilik sepeda motor yang akan balik lebih baik ikut kapal gratis, selain dapat menghindari kemacetan lalu lintas jalan raya juga dapat meningkatkan keselamatan perjalanan

Suryatravel - Mudik dan balik sepeda motor dengan kapal laut gratis, khususnya warga Surabaya dan Semarang masih dibuka.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt Mugen S. Sartoto, mengajak masyarakat, khususnya warga Surabaya dan Semarang, untuk memanfaatkan program arus balik Lebaran bagi pengendara sepeda motor naik kapal laut gratis.

"Bagi pemilik sepeda motor yang akan balik lebih baik ikut kapal gratis, selain dapat menghindari kemacetan lalu lintas jalan raya juga dapat meningkatkan keselamatan perjalanan," ujar Capt Mugen melansir Kompas.com, Kamis (5/5/2022).

Capt Mugen mengungkapkan, armada kapal yang digunakan untuk arus balik ini masih sama dengan yang dipakai saat arus mudik, yaitu KM Dobonsolo dan KM Ciremai.

Berikut syarat dan ketentuan untuk naik kapal gratis bagi pengemudi sepeda motor saat arus balik Lebaran. Syaratnya masih serupa dengan ketentuan mudik gratis, yaitu:

Membawa dokumen KTP dan KK (Kartu Keluarga).

Peserta sudah divaksinasi Covid-19 dosis lengkap, termasuk booster.

Bila baru divaksinasi dua dosis, wajib membawa hasil negatif tes antigen yang berlaku 1x24 jam, atau hasil negatif tes PCR yang berlaku 3x24 jam sebelum keberangkatan.

Bila baru mendapat vaksin dosis pertama, wajib membawa hasil negatif tes PCR yang berlaku 3x24 jam sebelum keberangkatan.

Calon peserta yang memiliki kondisi khusus sehingga tidak bisa divaksinasi, saat keberangkatan harap membawa hasil negatif tes PCR 3X24 jam, dan surat keterangan rumah sakit pemerintah bahwa yang bersangkutan belum, atau tidak dapat melakukan vaksinasi Covid-19.

Wajib mengunduh aplikasi PeduliLindungi, atau membawa kartu vaksinasi lengkap (dua kali vaksin dan satu kali booster).

Jadwal naik kapal gratis untuk sepeda motor saat arus balik Lebaran

Jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, dengan KM Ciremai adalah tanggal 9 Mei pukul 17.00 WIB.

Jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, dengan KM Ciremai adalah tanggal 10 Mei 2022 pukul 15.00 WIB.

Jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, dengan KM Dobonsolo adalah tanggal 11 Mei 2022 pukul 17.00 WIB.

Jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, dengan KM Dobonsolo adalah tanggal 12 Mei pukul 15.00 WIB.

"Bagi yang belum terdaftar, dapat datang langsung ke pelabuhan minimal empat jam sebelum keberangkatan dan selama kuota masih tersedia," tutupnya.

Untuk informasi selengkapnya dapat dilihat di instagram @Djplkemenhub151.

 

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved