Tahu Takwa Kediri Oleh Oleh Khas Kota Kediri, Ragam Olahan Tahu Ada Disini

GTT atau Gudange Tahu Takwa menjadi salah satu tempat mencari oleh-oleh khas Kediri yang patut dicoba. 

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/Lutfhi husnika
Rumah produksi tahu kuning atau tahu takwa di GTT milik Gatot Siswanto. GTT berdiri sejak tahun 1993 dan berlokasi di Jalan Pamenang No 1, Desa Toyoresmi, Ngasem, Kediri. 

Suryatravel - Berkunjung ke Kota Kediri selalu identik dengan tahu kuning atau tahu takwa. Tak lengkap rasanya berkunjung ke Kediri tanpa mencicipi tahu khas ini.

GTT atau Gudange Tahu Takwa menjadi salah satu tempat mencari oleh-oleh khas Kediri yang patut dicoba. 

Produsen besar tahu kuning atau tahu takwa khas Kediri ini sudah berdiri sejak 1993. GTT sekaligus menjadi pionir beberapa produsen tahu di wilayahnya. 

Pemilik GTT Gatot Siswanto menuturkan, GTT pertama kali didirikan untuk memproduksi tahu kuning.

Kediri sendiri dikenal dengan sebutan 'Kota Tahu', maka dari itu Gatot ingin membuat tahu khas Kediri yang bisa jadi ikon di sana. 

"Pertama berdiri tahun 1993 kami produksi tahu kuning. Kediri ini kan dikenal sebagai Kota Tahu, nah kami ingin ada produk olahan tahu khas dari Kediri yang bisa jadi oleh-oleh orang kalau main ke sini. Inilah awal mula GTT berkembang," kata Gatot.

Berawal dari produksi tahu kuning atau tahu takwa, kini GTT memproduksi berbagai olahan berbahan dasar tahu. Tak hanya dijual mentah, GTT juga memproduksi aneka tahu siap santap. 

"Tahun 2013 kami punya showroom terbesar di Kabupaten Kediri. Kami memasok produk tahu ke berbagai wilayah terutama Kediri dan sekitarnya. Sekarang banyak macamnya, ada tahu takwa, tahu pong, tahu susu dan tahu sutra," tuturnya. 

Bahkan, Gatot dan timnya mencoba inovasi baru dengan membuat stik tahu. Stik tahu dengan rasa unik tersebut kemudian banyak digandrungi pecinta tahu dan para pemburu oleh-oleh. 

"Ada juga inovasi kami namanya tahu menul yang terbaru. Ini juga jadi favorit. Tahu menul ini kalau digoreng, luarnya krispi tapo dalamnya kenyal. Kami sebut tahu menul," paparnya. 

GTT yang terletak di Jalan Pamenang No 1, Desa Toyoresmi, Ngasem, Kediri ini selalu menjadi jujukan para pencari oleh-oleh. Terutama saat Lebaran seperti sekarang, GTT akan ramai dikunjungi. 

Menurut Gatot, Lebaran adalah momen di mana GTT penuh sesak oleh para pembeli. Sebab, mereka yang akan kembali ke rantauan biasanya mencari oleh-oleh khas yang unik. 

Untuk memenuhi kebutuhan para pencari oleh-oleh, Gatot tak hanya menjual aneka olahan tahu di tokonya. Ia juga menjajakan beberapa oleh-oleh khas lain mulai dari bolu, snack hingga aneka olahan nanas.Luthfi husnika

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved