Pesona Waduk Gondang Lamongan, Bikin Wisatawan Kerasan Saat Berkunjung 

Pesona Waduk Gondang Ribuan pengunjung datang dari berbagai wilayah di Lamongan dan juga daerah di sekitar Kota Soto.

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/hanif manshuri
Waduk Gondang di Sugio Lamongan masih menjadi pilihan masyarakat saat menikmati liburan, seperti libur Idul Fitri 1443 H ini, Sabtu (7/5/2022) 

Suryatravel   - Selain WBL, Maharani Zoo dan Makan Sunan Drajat,Lamongan juga memiliki destinasi wisata yang tak kalah menarik, wisata Waduk Gondang di Kecamatan Sugio.

Lokasi wisata ini berada sekitar 12 kilometer dari pusat pemerintahan Lamongan, menjadi salah satu pilihan para wisatawan selama liburan Idul Fitri.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan, Siti Rubikah mengakui ada peningkatan jumlah pengunjung yang terjadi sejak H+2 lebaran. 

Dikatakan, sampai hari ini kira-kira sudah mencapai 5 ribuan pengunjung untuk lokasi Waduk Gondang.

Data yang masuk menunjukkan  sekitar 5 ribu pengunjung yang datang ke Waduk Gondang.

Menurut Rubikah, karena tiket masuk ke lokasi wisata yang berada di wilayah selatan Lamongan ini bisa dibilang murah meriah. 

"Sesuai perda, kata Rubikah, tiket masuk ke Waduk Gondang hanya Rp 5 ribu per orang," katanya, Sabtu (7/5/2022).

Ribuan pengunjung datang dari berbagai wilayah di Lamongan dan juga daerah di sekitar Kota Soto. 

Waduk yang berada di Desa Gondang Lor, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan ini menyuguhkan pesona wisata air.

Selain itu, lokasi ini juga mempunyai wahana bermain anak, perahu berbentuk angsa dan juga perahu tradisional yang bisa mengangkut 20 orang pengujung untuk menikmati areal waduk. 

"Pengunjung Waduk Gondang pada tahun ini lebih banyak jika dibandingkan tahun lalu karena memang tahun ini sudah diperbolehkan untuk mudik," katanya.

Waduk Gondang ada di Lamongan yang dibangun dengan membendung Sungai Gondang yang mempunyai daerah aliran sungai seluas 68,10 Km2.

Secara administrasi Waduk Gondang mencangkup dua kecamatan yang sebagian besar masuk wilayah Kecamatan Sugio meliputi Desa Gondang Lor, Desa Deketagung, Desa Kalitengah, Desa Daliwangun dan sebagian kecil Desa Sidorejo. 

Hanya sebagian kecil berada di Kecamatan Sambeng meliputi Desa Sekidang dan Wonorejo. 

Untuk menuju lokasi ini selain dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi dapat juga menggunakan angkutan umum dari Lamongan menuju Gondang. 

Untuk menuju Waduk Gondang bisa ditempuh melalui dua jalar, dari timur dan dari barat yakni masuk dari Babat, Jombang kemudian melintas di Kedungpring ke timur menuju ke Waduk Gondang.(Hanif Manshuri)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved