Halo Wuling, Fitur Canggih Wuling Almaz RS Bikin Nyaman Berkendara

Wuling memaparkan ragam inovasi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) yang ada di Almaz RS

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/wiwit purwanto
Wuling Almaz RS, dengan Advanced Driver Assistance System (ADAS) adalah inovasi yang memberikan kemudahan dan keamanan serta membantu pengemudi dalam berbagai kondisi perjalanan 

Suryatravel — Inovasi canggih demi kenyamanan berkendara kali ini ditunjukkan Wuling Almaz RS.

Pada “Wuling Almaz RS Media Experience, hari ini, Selasa (17/5/2022), Wuling memaparkan ragam inovasi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) yang ada di Almaz RS.

Terdiri dari Advanced Driver Assistance System (ADAS), Internet of Vehide (IoV), hingga perintah suara pintar berbahasa Indonesia pertama, Wuling Indonesian Command (WIND).

Handi Ahmad Shidig, selaku Product Planning Wuling Motors menjelaskan Advanced Driver Assistance System (ADAS) adalah inovasi yang memberikan kemudahan dan keamanan serta membantu pengemudi dalam berbagai kondisi perjalanan.

“Di sistem ini, terdapat beragam fungsi yang mendukung kewaspadaan pengemudi sehingga dapat mengurangi risiko yang mungkin terjadi,” kata Handi.

Dengan memanfaatkan sensor radar dan kamera, ADAS mendukung fungsi-fungsi bantuan dalam empat kategori, yakni Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance & Braking Assistance, serta Automatic light.

Adaptive Cruise Control (ACC) yaitu mode jelajah yang menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan di depannya secara otomatis untuk menjaga jarak aman.

Kemudian, mobil akan melambat secara otomatis saat memasuki tikungan dengan bantuan Bend Cruise Assist (BCA).

Lalu, ada juga Intelligent Cruise Assistance (ICA) dan Traffic Jam Assistance (TJA) yang secara otomatis menjaga jarak aman sekaligus posisi kendaraan dalam lajurnya saat kondisi lalu lintas macet maupun lancar.

Fitur Lane Recognition berperan untuk memberikan peringatan serta secara aktif mengoreksi arah kendaraan terkait lajur marka jalan yang ditangkap oleh kamera ADAS.

Pertama, terdapat Lane Departure Warning (LOW) yang akan memberikan peringatan ketika kendaraan keluar lajur tanpa dikehendaki.

Lalu, ada Lane Keeping Assist (LKA) yang jika dalam keadaan aktif akan secara otomatis mengoreksi arah kemudi untuk kembali ke lajur yang aman.

Untuk mendukung keselamatan, ADAS turut mencakup kategori Safe Distance & Braking Assistance yang memiliki fitur aktif maupun bersifat peringatan.

Ragam inovasi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) yang ada di Almaz RS.
Ragam inovasi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) yang ada di Almaz RS. (suryatravel/wiwit purwanto)

Safe Distance Warning (SDW) akan memberikan peringatan ketika kendaraan di depan berada di bawah jarak aman.

 Jika terdapat potensi tabrakan depan, Forward Collision Warning (FCW) akan memberikan ragam peringatan berupa suara, tampilan visual, atau rem sekejap yang disesuaikan dengan tingkat bahayanya.

Lalu, terdapat pula Automatic Emergency Braking (AEB) yang secara otomatis melakukan pengereman darurat jika pengemudi tidak merespon peringatan bahaya tabrakan yang terdeteksi.

Bahkan Almaz RS juga dibenamkan Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA) membantu untuk menyesuaikan besarnya gaya pengereman secara otomatis sesuai risiko bahaya jika gaya injak rem pengemudi tidak mencukupi.

 Jika tabrakan tidak dapat dihindari, maka Collision Mitigation System (CMS) akan mengurangi dampak/resiko dari tabrakan yang akan terjadi.

Terakhir, terdapat juga kategori Automatic Light dengan fiturnya yaitu Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

 Fitur ini akan secara otomatis menyesuaikan ketinggian pancaran cahaya lampu utama sesuai dengan kondisi pencahayaan lingkungan sekitar.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved