Wisata Susur Sungai Kalimas Surabaya Diluncurkan.Ini Rutenya

Wisata susur Kalimas menyusuri Kalimas. Rutenya, mulai Monumen Kapal Selam (Monkasel) - Taman Prestasi - Taman Ekspresi - Museum Pendidikan

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/bobby
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meluncurkan wisata susur sungai Kalimas di malam hari, Selasa Malam (31/5/2022). 

Suryatravel  - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meluncurkan wisata susur sungai Kalimas di malam hari, Selasa Malam (31/5/2022). Wisata ini akan menjadi jujugan baru wisata di pusat kota. 

Tak sendiri, Wali Kota Eri akan mengajak peserta Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 yang disebut Laskar Rempah.

Tak hanya dari Surabaya, para peserta juga berasal dari berbagai Kota di Indonesia. 

Kegiatan Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 yang dimulai pada 1 Juni hingga 2 Juli 2022.

Ini merupakan ajang pengenalan umum Jalur Rempah, Cagar Budaya, dan Objek Pemajuan Kebudayaan (OPK). 

Acara ini diselenggarakan Direktorat Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Peserta Muhibah Budaya Jalur Rempah akan mulai berlayar dari Surabaya sebagai titik awal rute pelayaran.

Kemudian, berakhir pada 2 Juli 2022. Ada enam titik Jalur Rempah telah dipilih sebagai lokus Muhibah Budaya Jalur Rempah, yaitu Surabaya, Makassar, Baubau-Buton, Ternate-Tidore, Banda, dan Kupang.

"Besok ada tamu terkait dengan jalur rempah. Setelah kami terima di Balai Pemuda, kami ajak ke Kalimas. Ini sambil mencoba Wisata Air Kalimas di malam hari," kata Cak Eri, Selasa (31/5/2022). 

Para peserta akan diajak menyusuri Kalimas. Rutenya, mulai Monumen Kapal Selam (Monkasel) - Taman Prestasi - Taman Ekspresi - Museum Pendidikan. 

Mereka bisa menikmati atraksi lampu di masing-masing tempat yang juga disediakan spot foto.

"Termasuk, view patung Suroboyo dengan air mancur yang disorot oleh lampu. Setiap bawah jembatan juga telah dicat warna-warni," kata Cak Eri. 

Sehingga, ini bisa menjadi bentuk promosi wisata Kalimas di Surabaya. "Ketika teman-teman (Laskar Rempah) kembali ke daerah, bisa sekaligus mengenalkan wisata di sini," katanya. 

Menurut Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, konsep yang akan disuguhkan mirip dengan yang ada di luar negeri. “Hampir sama seperti Thailand, Singapore, dan Venesia (Italia)," katanya. 

"Tapi kita buat dengan ciri khas Surabaya, dimana Kalimas ini bisa sebagai destinasi wisata dan transportasi air, jadi tidak perlu ke luar negeri, cukup ke Surabaya,” kata Cak Eri. 

Setelah resmi dibuka sekitar pukul 20.00 WIB, masyarakat umum bisa langsung menikmati. "Pukul 20.00 WIB dibuka, pukul 20.30 WIB bisa numpak (naik perahu)," selorohnya. (bob) 

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved