Traveling Malam Perhatikan Sorot Lampu Depan Kendaraan. Begini Cara Settingnya

ada baiknya selalu memantau kondisi sorot lampu depan supaya tepat dan tidak menganggu pengguna jalan yang lain.

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/istimewa
Perjalanan traveling malam hari perhatikan sorot lampu depan agar aman dan nyaman bagi kendaraan di depannya 

 

Suryatravel – Perjalanan traveling malam hari dengan kendaraan pribadi tak jarang akan berpapasan dengan kendaraan yang memiliki sorot lampu depan menyebar ke segala arah.

Imbasnya akan membuat mata pengguna jalan yang lain silau hingga mengganggu penglihatan.

Jelas tidak nyaman bagi pengendara di depannya yang bisa saja menimbulkan potensi kecelakaan di jalan.

Untuk itu ada baiknya selalu memantau kondisi sorot lampu depan supaya tepat dan tidak menganggu pengguna jalan yang lain.

Banyak pengendara mobil yang kurang memperhatikan dengan kondisi kendaraan yang mereka kendarai.

Selain itu juga mengabaikan fungsi dari peranti kelengkapan dan keselamatan berkendara, khususnya pada komponen penerangan seperti lampu depan (headlamp).

Sebaiknya lakukan pengecekan sekaligus penyettingan ulang arah sorot lampu utama.

Roni Agung, Workshop Head Body & Paint Astra International Peugeot menjelaskan, penyettingan arah sorot lampu bisa dilakukan secara manual.

“ Cara mudah penyetelan secara manual dengan mencari tembok rata sebagai sasaran tembak arah lampu. Upayakan lokasinya agak gelap sehingga cahaya lampu bisa dilihat lebih jelas,” jelasnya.

Untuk mengecek arah lampu kanan dan kiri kata Roni, dekatkan mobil ke tembok dan buat garis sebagai tanda sejajar dengan ketinggian lampu bagian atas.

Setelah itu mobil dimundurkan kira-kira 10 meter sambil lampu dinyalakan. “ Idealnya batas atas sorot lampu harus mengenai garis tersebut,” tukasnya.

Jika belum pas, lanjut seting arah lampu. Umumnya lokasi pengaturan posisi vertikal dan horizontal berada di belakang lampu utama.

Terdapat baut yang dikelilingi plastik berbentuk lingkaran hampir penuh. Untuk mengaturnya gunakan obeng kembang. Masukkan dari sisi samping lingkaran yang terbuka.

Sebagai panduan untuk lampu sebelah kanan mobil-mobil Peugeot, usahakan titik fokusnya lurus dengan lampu untuk mencegah pengguna jalan yang berlawanan arah tidak silau.

Sementara untuk sebelah kiri bisa diarahkan sedikit keluar, yaiu sekitar 5 derajat agar sorotan lampu lebih luas.

Kenapa arah sorot lampu utama sebelah kiri harus berbeda dengan yang sebelah kanan? Hal ini ditujukan agar pengemudi dapat jelas melihat sisi luar marka jalan atau trotoar.

“Tentu selain arah depan. Sehingga pengemudi benar-benar nyaman selama lakukan perjalanan di malam hari,” pungkas Roni Agung.

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved