Menetas, Koleksi Satwa Komodo di KBS Bertambah

Koleksi satwa Komodo di Kebun Binatang Surabaya (KBS) bertambah. Beberapa telur yang sedang ditangan.

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/istimewa
Sejumlah ekor Bayi Komodo milik Kebun Binatang Surabaya di tempat pemeliharaan, Selasa (28/6/2022). 

 

Suryatravel - Koleksi satwa Komodo di Kebun Binatang Surabaya (KBS) bertambah. Beberapa telur yang sedang ditangani oleh dokter hewan berhasil menetas.

Kepala Departemen Animal Health KBS, Drh Nur Ali Faisol, mengatakan, hasil breeding atau upaya peningkatan kualitas hewan, sejak Februari sampai Maret jumlah telur yang menetas adalah 29 ekor dari 40 butir telur yang diinkubasi

“Sisanya rusak dikarenakan beberapa faktor. Diantaranya telur sudah tidak dibuahi. Pola kelahiran sudah kami atur dan kami rencanakan berapa ekor yang harus lahir,” ujarnya, Selasa (28/6/2022).

Menurutnya, kondisi bayi komodo saat ini sehat dan aktif. Soal jumlahnya yang banyak, nantinya manajemen yang bisa mengelola untuk perencanaan kedepan.

“Ketersediaan kandang dan penempatan sudah ada pengaturan dari manajemen penempatan,” ucapnya.

Untuk telur yang menetas saat ini berasal dari 2 pasang indukan. Sementara bayi masih belum diberi nama. Di KBS ada sekitar 50 ekor indukan, jumlah perbandingannya lebih banyak jantan daripada betina.

Petugas kesehatan hewan menangani secara intensif bayi komodo. Pemberian pakan dilakukan seminggu 2 kali. Yakni, Minggu dan Rabu.

“Hari minggu kami kasih makan potongan daging sapi dan telur. Hari rabu kami tambah dengan seekor tikus putih. Pemberian makan langsung per ekor bayi komodo, sehari satu kali pemberian,” tandasnya.feb

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved