Uraaa Cyclis Nggowes Surabaya – Bali Usung Peduli Anak Autis   

Uraaa Cyclis, sebuah komunitas sepeda, yang kini getol dalam membantu anak anak disabilitas.

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel / ahmad zaimul haq
Uraaa Cyclis bersepeda Surabaya – Bali ajak masyarakat peduli pada anak anak autis, tampak Vincent Prihadi Purwono pelukis disabilitas di Vin Autism Gallery 

Suryatrave – Kepedulian sosial bisa muncul kapan saja dan dimana saja. Seperti Uraaa Cyclis, sebuah komunitas sepeda, yang kini getol dalam membantu anak anak disabilitas.

Bahkan pekan lalu, mereka mengajak masyarakat peduli dengan anak anak disabilitas dengan bersepeda Surabaya – Bali.

“Awal mulanya kita main ke gallery yang ternyata lukisan itu yang buat anak anak autis,” kata Jimmy Singgih, founder Uraaa Cyclis, Selasa (19/7/2022).

Yang menarik kata Jimmy di gallery itu bukan hanya anak anak autis yang belajar melukis tapi juga ada anak autis yang lihai main piano.

“Anak anak autis ini luar biasa mereka memiliki kelebihan khusus ,” lanjutnya.

Jimmy bersama anggota Uraa Cyclis lainnya melihat dari sisi lain. “Misi ini kita bawa saat bersepeda, kita tunjukkan ke masyarakat anak anak ini luar biasa dan mari kita pedul,” paparnya.

Jadilah sebuah perjalanan panjang bersepeda Surabaya – Bali sejauh 400 km sekaligus membawa misi sosial untuk memberikan charity kepada anak anak autis ini.

Saat itu ada 12 Cyclis Uraaa yang turun dalam perjalanan misi sosial Surabaya – Bali. Tapi dalam perjalanan beberapa cyclis mundur karena tugas dan aktifitas lain yang tidak bisa ditinggalkan.

“Tinggal 6 orang tapi kami tetap semangat menyelesaikan misi sampai Denpasar Bali,” katanya.

Dalam perjalanan, banyak pamflet dan stiker ajakan untuk peduli kepada anak anak disabilitas yang di tempel di mobil mobil pengiring.

“Banyak masyarakat yang antusias mendukung dengan memberikan jempol kepada kami saat lewat. Mereka tahu apa yang kita lakukan ini bukan sekedar bersepeda tapi juga melakukan kegiatan sosial,” ungkapnya.

Perjalanan dilakukan dalam satu setengah hari, dengan rute Surabaya Ketapang Banyuwangi, istirahat semalam di Gilimanuk, besoknya dilanjutkan ke Denpasar.

Berikutnya kata Jimmy Uraaa Cyclis akan melakukan perjalanan hingga Pulau Lombok.

Sekaligus Jimmy mengajak cyclis lainnya untuk bisa bergabung dalam misi sosial ini.

Uraaa Cyclis sendiri sekarang beranggotakan 39 Cyclis, mereka tersebar tidak hanya dari Surabaya.

“ Kami bersepeda setiap hari di pagi hari, kecuali Hari Senin, kami libur,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved