KatePay Kini bisa Jadi Alternatif Sistem Pembayaran di Suroboyo Bus

Pemkot Surabaya resmi meluncurkan KatePay sebagai salah satu sistem pembayaran di Suroboyo Bus.

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/wiwit purwanto
Suroboyo bus, bus yang nyaman dan canggih untuk keliling Surabaya kini bisa menggunakan katepay 

Suryatravel – Keliling Kota Surabaya dengan baik Suroboyo Bus (SB) kini lebih mudah karena bisa menggunakan KatePay.

Pemkot Surabaya resmi meluncurkan KatePay sebagai salah satu sistem pembayaran di SB.

Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya telah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil).

Sistem tersebut telah bisa digunakan sejak lauching KatePay oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Rabu lalu (27/7/2022).

“Sistem sudah bisa digunakan oleh teman-teman pelajar pemegang KatePay untuk mencetak voucher naik SB,” kata Kepala UPTD Pengelolaan Transportasi Umum Dishub Surabaya, Eni Sugiharti Fajarsari Sabtu (30/7/2022).

Teknis penggunaannya, para siswa pemegang KatePay yang telah terisi saldo bisa menuju tempat penukaran botol. Di tempat ini, KatePay akan di-scan untuk mendapatkan voucher.

Selanjutnya, voucher ini bisa dibawa ke SB sebagai bukti pembayaran. “Voucher penukaran tersebut bisa ditunjukkan ke petugas di Suroboyo Bus,” katanya.

Eni menerangkan, hal ini dilakukan berdasarkan evaluasi saat peluncuran sistem tersebut. “Scan KatePay langsung di atas Bus secara langsung sebenarnya bisa. Namun, belum efektif,” katanya.

Menurutnya, scan KatePay memperhitungkan sejumlah hal, di antaranya waktu. Apabila menggunakan sistem selain KatePay, scan hanya membutuhkan waktu kurun waktu sekitar 5 detik.

“Kalau menggunakan KatePay, bisa di atas 1 menit. Ini tentunya cukup lama dibanding sistem lainnya, apalagi bus kita jeda waktunya tidak lama,” katanya.

Dengan adanya sistem pembayaran baru ini, maka semakin banyak alternatif pembayaran yang bisa digunakan calon penumpang. Khususnya, bagi pelajar.

Sebelumnya, berbagai metode bisa digunakan sebagai sistem pembayaran Suroboyo Bus. Setelah sempat hanya bisa menggunakan sampah botol plastik, pembayaran kini bisa dilakukan lewat non tunai seperti scan QRIS hingga kartu e-money dengan cara tapping (menempelkan kartu).

Meskipun sistemnya berbeda, besaran nominal yang dibayar sama. “Untuk pelajar, satu tiket seharga Rp2.500,” katanya.

Melalui sistem pembayaran KatePay, para orang tua akan lebih mudah mengontrol anaknya membeli barang apa saja. Selain itu, banyak masukan dari forum anak yang meminta KatePay juga bisa digunakan di luar sekolah.

Pemkot pun lantas merancang agar KatePay bisa menjadi merdeka pembayaran di Suroboyo Bus hingga tempat wisata.

“Ketika nanti naik Surabaya Bus juga bisa menggunakan kartu KatePay ini. Sehingga anak itu akan merasa bertanggungjawab kepada dirinya sendiri,” tuturnya. (bob)

 

 

 

 

 

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved