Nikmatnya Olahan Ikan Kutuk Di Gresik Disajikan Dengan Nasi Jagung

kuliner olahan ikan di Kota Gresik ternyata bukan hanya Ikan Bandeng Tidak hanya ikan bandeng, tapi juga memiliki makanan olahan ikan kutuk

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/ willy
kuliner olahan ikan di Kota Gresik ternyata bukan hanya Ikan Bandeng Tidak hanya ikan bandeng, tapi juga memiliki makanan olahan ikan kutuk 

Suryatravel - Ragam kuliner olahan ikan di Kota Gresik ternyata bukan hanya Ikan Bandeng Tidak hanya ikan bandeng, tapi juga memiliki makanan olahan ikan kutuk atau ikan gabus.
Hidangan tradisional petani tambak ini sekarang mudah dijumpai diwarung yang berada di wilayah Kecamatan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik. 

Menu tradisional khas petani tambak di Gresik ini, akan terasa lebih nikmat disantap pada siang hari dengan nasi jagung maupun  nasi putih hangat. 

Jika tertarik ingin mencicipi kelezatannya, tidak perlu merogoh dompet terlalu dalam. Karena pengelola memator harga Rp 14 ribu - 20 ribu ribu per porsinya. 

Hidangan tradisional ini merupakan olahan  ikan kutuk mulai ikan kutuk bakar, ikan kutuk rica-rica, pepes dan lain sebagainya. Menu ikan kutuk ini bisa dijumpai di rumah makan sekaligus pemancingan Alhambra di desa Duduksampeyan, Kecamatan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik. 

Berada di tengah hamparan tambak ini, menyediakan menu olahan ikan kutuk. Sejumlah pecinta kuliner menyebutkan, sensasi pedas berpadu dengan tekstur daging ikan kutuk yang lembut membangkitkan selera makan, hingga membuat tubuh semakin bertenaga. 

Tajuddin, mengaku masakan ikan kutuk memiliki bumbu mantap, dan tekstur daging ikan kutuk cukup lembut. Sehingga membangkitkan selera yang menyantapnya. 

"Pedasnya mantap dan aromanya cukup terasa, membuat lida serasa menari-nari," terangnya, Senin (1/8/2022). 

Sajian olahan ikan kutuk, lebih nikmat disantap pada siang hari dengan nasi jagung maupun nasi putih. 

Pengunjung lainnya, Muhammad Bahrul Ghofar menuturkan ikan Kutuk juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya mempercepat penyembuhan pasca operasi ibu melahirkan, luka bakar, dan luka pasca kecelakaan. 

"Saya rutin berkunjung menikmati olahan kutuk bersama keluarga," terangnya. 

Pengelola rumah makan berkonsep kolam pemancingan ikan, Laily Haula Hayati, mengatakan, menjadikan ikan kutuk sebagai menu andalan, karena jenis ikan tawar ini mudah didapatkan. Warga sekitar mencari ikan, langsung menyetorkan ke saya. Kondisi ikannya masih segar.

Proses pengolahan tidak terlalu repot, sesuai dengan menu yang dihidangkan. Terpenting menggunakan bumbu bumbu alami, diantaranya kunyit, daun bawang, cabai, bawang merah, bawang putih. 

"Daun jeruk purut sebagai penyedap, sekaligus menghilangkan bau anyir," paparnya. (wil)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved