Tim Ekspedisi 77 Akan Kibarkan Merah Putih di Puncak Gunung Arjuno, Dan Tanam Pohon Cemara

Ekspedisi akanmengibarkan bendera merah putih di Puncak Gunung Arjuno. ekspedisi ini juga akan dilakukan penanaman sebanyak 77 pohon cemara

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel / aflahul abidin
Secara khusus Gubernur Khofifah melepas langsung rombongan Ekspedisi 77 Gunung Arjuno dengan memberikan pataka bendera Merah Putih pada para perwakilan elemen tim ekspedisi 


Suryatravel - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepas
Tim Ekspedisi 77 Gunung Arjuno di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (15/8/2022) siang.
 
Ekspedisi ini merupakan inisiasi Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur yang diselenggarakan memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke 77. 
 
Ekspedisi akanmengibarkan bendera merah putih di Puncak Gunung Arjuno. Tidak hanya itu, melalui ekspedisi ini juga akan dilakukan penanaman sebanyak 77 pohon cemara di Gunung Arjuno.
 
Secara khusus Gubernur Khofifah melepas langsung rombongan Ekspedisi 77 Gunung Arjuno dengan memberikan pataka bendera Merah Putih pada para perwakilan elemen tim ekspedisi.
 
Gunung Arjuno dipilih sebagai lokasi pengibaran bendera di HUT Kemerdekaan RI yang ke 77 karena gunung ini ada di lokasi taman hutan raya yang dikelola Jatim. Selain itu Gunung Arjuno adalah Cagar biosfer kawasan Bromo Tengger Semeru Arjuno yang telah ditetapkan oleh Unesco. 
 
Melalui ekspedisi ini diharapkan peringatan HUT RI ke 77 akan membangun semangat juang anak muda. Juga akan menguatkan semangat membangun Jatim.
 
“Saya sampaikan bangga luar biasa. Karena jenangan akan mengibarkan bendera merah putih, menanam pohon cemara, dan sekembalinya juga akan membersihkan gunung. Terima kasih," kata Khofifah. 
 
Menurutnya pendakian ini adalah salah satu cara menunjukkan cinta tanah air. Dimana kali ini adalah para pecinta pendakian yang menunjukkan cinta tanah air dengan mengibarkan bendera di puncak gunung. 
 
Terlebih anggota tim 77 ini juga terdiri dari beberapa perwakilan elemen. Yaitu ASN, elemen perempuan, Pramuka, media, pelaku wisata, unsur mahasiswa pecinta alam dan unsur relawan. 
 
Pendakian ke Gunung Arjuno akan mulai dilakukan besok dengan akan bergerak ke posisi pintu masuk sumber brantas untuk menanam pohon cemara.
 
Kemudian akan bergerak ke Pos satu dan dua kemudian bermalam di puncak kekehan. Dan di hari ketiga akan ada upacara dan mengibarkan bendera di puncak Gunung Arjuno. 
 
Selain itu, rombongan 77 orang anggota ekspedisi ini sekembalinya dari puncak juga akan melakukan sapu bersih sampah untuk membersihkan Gunung Arjuno.
 
Sempat dikatakan Khofifah bahwa saat memberangkatkan tim ekspedisi ini, ia sebenarnya ingin ikut berangkat. Terlebih karena sejak muda ia memang suka mendaki gunung. 
 
"Saya jadi ingin ikut berangkat. Karena sejak SMP saya suka naik gunung. Bahkan kalau boleh cerita saya pernah lihat harimau di Semeru. Saya kan biasa potong kompas. Saya kaget ada gundukan di depan saya, ternyata ada harimau dan beberapa anaknya," tegas Khofifah. 
 
Menurutnya itu adalah hal yang sangat memorabel dari sederet pengalamannya menjelajah gunung di Jawa Timur. Untuk itu berharap para anggota tim ekspedisi ini bisa lancar dan sukses mengibarkan bendera merah putih dari ketinggian 3.339 mdpl tersebut.fatimatuz zahroh
 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved