Barista Ditantang Dalam Kompetisi Indonesia Coffee Event League

ICE League Timur Surabaya, mengatakan, kompetisi tingkat regional ini berada dibawah naungan Speciality Coffee Assocition of Indonesia (SCAI) ini

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/wiwit purwanto
Kompetisi barista Indonesia Coffee Event League digelar untuk menaikkan standar kopi di Indonesia. 

Suryatravel – Ajang kompetisi kopi bergengsi akan di gelar di Kota Surabaya. Kopipressio, salah satu coffeeshop akan menjadi tuan rumah ICE League, “Indonesia Coffee Event League Surabaya”.

Kompetisi ICE League ini sistem penilaiannya menggunakan standar internasional tersebut digelar pada 18-23 Oktober 2022 di Ciputra World Surabaya.

Ferisanta Ginting, Ketua pelaksana ICE League Timur Surabaya, mengatakan, kompetisi tingkat regional ini berada dibawah naungan Speciality Coffee Assocition of Indonesia (SCAI) ini merupakan pertamakalinya digelar.

Sebelumnya, kompetisi hanya digelar terpusat di ibu kota.

ICE League kata Ferisanta, untuk mempromosikan keunggulan-keunggulan sektor kopi Indonesia dan melahirkan Barista profesional yang berbakat dan siap bersaing di pasar internasional.

“Harapan kami dengan dilaksanakannya ICE League Timur Surabaya, kami dapat menjadi inspirasi bagi para pelaku dan penikmat kopi khususnya dari wilayah Indonesia Timur agar bisa membuat terobosan baru yang lebih membanggakan lagi,” jelasnya ditemui di Moost Kopipressio Apartment Gunawangsa Merr, Surabaya, Minggu (18/9/2022).

Panitia membatasi antara 24 sampai 36 peserta. Jumlah tersebut menyesuaikan jenis lomba yang digelar. Peserta nantinya akan diseleksi terlebih dulu sebelum resmi tercatat sebagai peserta kompetisi.

Hal itu untuk memastikan bahwa calon peserta serius dan memiliki kapabilitas yang mumpuni

ICE League Timur Surabaya, lanjut Ferisanta, akan melombakan 4 kategori sekaligus. Diantaranya Indonesia Barista Championship (IBC), Indonesia Brewers Cup (IBrC), Indonesia Latte Art Championship (ILAC) dan Indonesia Cup Taster Championship (ICTC).

Sementara itu, SCA Authorize Specialty Trainer, Richard Tjaharyanto menambahkan, Indonesia Coffee Event League digelar untuk menaikkan standar kopi di Indonesia.

“Dengan adanya kompetisi kopi ini membuat kopi shop, setiap barista di Indonesia semangat karena ada tujuan yang ingin di capai,” tukasnya.

Pemenang ICE League nantinya akan langsung mendapat tempat di ICE Regional, dimana 24 terbaik dari wilayah barat dan 24 terbaik dari wilayah timur akan beradu keahlian dalam kopi.

24 skor tertinggi akan diundang untuk berlaga di Indonesia Coffee Events dan satu pemenangnya akan mewakili Indonesia dalam ajang World Coffee Events.

 

 

 

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved