Pelabuhan Niaga Prigi Trenggalek Bisa Jadi Pengungkit Ekonomi Selatan Jatim

Pelabuhan Niaga Prigi yang berada di kawasan Teluk Prigi, Kabupaten Trenggalek diyakini akan mengungkit perekonomian di kawasan selatan

Editor: Wiwit Purwanto
suryatravel/aflahulabidin
Kondisi perairan di Teluk Prigi yang relatif berombak landai juga dianggap sebagai kelebihan Pelabuhan Niaga Prigi. 

Suryatravel – Selain sebagai tempat jujugan wisatawan dan nelayan, Pelabuhan Niaga Prigi yang berada di kawasan Teluk Prigi, Kabupaten Trenggalek diyakini akan mengungkit perekonomian di kawasan selatan Jawa Timur.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengatakan, nantinya pelabuhan itu bisa menjadi pintu masuk untuk menumbuhkan kawasan tersebut, utamanya kawasan di Kabupaten Trenggalek bagian selatan dan sekitarnya.

Adanya pintu-pintu baru yang menumbuhkan perekonomian disebut bakal menjadi salah satu cara mengentaskan kemiskinan.

“Kalau kita melihat kemiskinan di Indonesia itu hampir 40 persennya ada di Jawa, dan dari 40 persen yang ada di Jawa itu 30 persennya itu di Jawa bagian selatan. Jadi kita perlu banyak ungkitan pintu-pintu ekonomi untuk melakukan akselerasi,” kata Bupati yang akrab disapa Mas Ipin itu, saat menemui kunjungan kerja Komisi D DPRD Jatim, di Trenggalek, Selasa (20/9/2022).

Mas Ipin mengatakan, Pemprov Jawa Timur juga dapat memanfaatkan pelabuhan itu untuk keperluan misi dagang.

Apalagi, Pelabuhan Niaga Prigi juga akan tersambung dengan beberapa fasilitas lain, seperti jalur lintas selatan (JLS).

Dengan adanya JLS, Pelabuhan Niaga Prigi bakal terhubung dengan berbagai daerah di Jawa Timur, bahkan Yogjakarta.

"Saat ini sudah tersambung arah ke barat. Dan tahun depan, selesai juga JLS sampai ke Tulungagung. Artinya kalau Tulungagung tersambung, wilayah ke Blitar sampai ke Malang juga itu nanti bisa tersambung. Belum lagi ditambah akan ada bandara di Kediri," tuturnya.

Kondisi perairan di Teluk Prigi yang relatif berombak landai juga dianggap sebagai kelebihan Pelabuhan Niaga Prigi.

"Dari sisi perdagangan mungkin nanti untuk urusan ekspor-impor yang di sisi selatan seperti dengan Australia ataupun Selandia baru, mungkin pintunya hanya ada di Jawa Timur. Dan pilihannya mungkin ya bisa jadi lewat pintu Prigi ini, karena kita punya teluk 500 hektare luasnya itu paling aman dibanding dengan teluk-teluk lain yang ada di selatan Jawa,” sambung dia.

Untuk itu Mas Ipin berharap, pembangunan Pelabuhan Niaga Prigi bisa lekas rampung. Untuk saat ini, kata dia, pembangunan masih dalam tahap penyediaan sarana pendukung. (fla)

 

 

 

 

 

 

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved